Masyarakat Sindanglaya Sambut Baik Bantuan DD

Spread the love

Jurnalline.com, Kab Serang (Banten) – Dalam rangka percepatan pembangunan di segala bidang di Desa, Pemerintah Daerah dan Pusat memberikan bantuan DD atau disebut dengan (Dana Desa) di Kab.Serang – Banten, Desa Sindang Laya Kec. Cinangka Alahamdulillah masyarakat menyambut baik bantuan DD.

Kepala Desa Sindanglaya Anwar Mauludin mengatakan kepada Jurnalline.com di kantornya pada pekan lalu. bahwa dana Desa pada tahun 2018 sudah dilaksanakan berdasarkan petunjuk pelaksanaan dan kami pihak Desa secara transparan bahkan sudah disosialisasikan kepada masyarakat berikut dengan rincian alokasi penggunaannya. bahkan Desa telah memasang Spanduk Baleho penggunaan dana Desa yang terpampang di depan Kantor Desa agar masyarakat umum dapat mengetahui ujarnya.

Secara total memang besar jumlah dana Desa yaitu 1.164.598.018 (satu milyar seratus enam puluh empat juta rupiah) akan tetapi jumlah tersebut bukan total untuk alokasi pembangunan fisik ada diantaranya adalah untuk Bidang penyelenggaraan Pemerintahan Desa yaitu pembayaran siltap dan tunjangan Kepala Desa dan perangkat Desa, kegiatan operasional Desa dan insentif Rt dan Rw kegiatan pemuda dan olah raga,kegiatan organisasi perempuan dan PKK, dan kegiatan kerukunan umat beragama jelasnya.

Sementara untuk bidang pelaksanaan pembangunan Desa yaitu pembangunan jalan poros Desa Kp.Ciparay Rt.02/03 , dengan volume 4 x 0.15 x 660 = 544.777.000 rupiah, pembangunan jalan poros Desa Kp.Ciparay Rt.03/04 dengan volume = 3 x 0.15 x 200 = 141.981.000 rupiah dan pembangunan sarana dan prasarana fisik kantor = 133.611.618. rupiah.

Alhamdulillah pelaksanaan pembangunan fisik sudah diserap dalam dua tahapan karena pencairan DD tidak bisa sekaligus,harus bertahap sesuai dengan kebutuhan belanja Desa yaitu tahap 1=40% tahap 2=40% dan tahap 3=20%. dalam pelaksanannya disambut baik masyarakat berjalan dengan lancar dan tidak ada masalah.

Harapannya, pembangunan Desa bisa berjalan dengan lancar apabila adanya kerja sama semua pihak unsur masyarakat, bailk itu dari kalangan LSM dan Wartawan, Insya Allah Desa Sindanglaya selalu online stanbay dikantor Desa untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan kedepan pemerintah daerah,Provinsi dan Pusat untuk terus menurunkan bantuan DD diharapkan ditambah sehingga pembangunan Fisik Desa bisa cepat diselesaikan sehingga dengan sarana prasarana yang baik akan berdampak peningkatan kesehjatraan masayarakat di Desa.

Setelah fisik Desa selesai, Desa akan memberdayakan perekonomian masyarakat. untuk meningkatkan usaha kecil menengah masayrakat di pedesaan sesuai dengan potensi yang dimiliki Desa,seperti bidang pertanian, perkebunan, perikanan dan kelautan dan perdagangan, dan wisata pantai. dan lain-lainnya. dengan program simpan pinjam Desa yaitu Bumdes.

(nuraen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.