OKI Masuk Nominasi PU PR

Spread the love

Jurnalline.com, Kayuagung OKI (Sumsel) – Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) masuk nominasi daerah penerima penghargaan Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU PR) 2018. Penghargaan ini didedikasikan kepada pemerintah daerah yang mendukung program prioritas nasional jalan tol.

Ir Syarkawi, M. Si staf ahli Menteri PU PR sekaligus ketua tim ferivikasi penilaian mengungkapkan, penghargaan ini diberikan kepada daerah yang memberikan dukungan penuh terhadap proyek strategis nasional melalui mekanisme Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU).

“Sejauh ini dukungan yang diberikan Pemkab OKI terhadap pelaksanaan program strategis nasional sangat optimal. Makanya kami datang kesini untuk melakukan penilaian dan verifikasi langsung ke lapangan,” ungkap Syarkowi, Selasa (30/10).

Masih kata Syarkowi, penilaian yang dilakukan timnya konsen pada upaya Pemerintah daerah dalam mendorong percepatan progres proyek strategis nasional seperti fasilitasi pembebasan lahan, konsultasi publik, pengadaan tanah, hingga penyelesaian sengketa.

“Kami konsen kepada penilaian kinerja pemda terhadap keberlangsungan proyek strategis nasional adakah hambatan-hambatan dan sejauh mana peran pemdanya,” tungkasnya.

Kabupaten OKI dilalui dua ruas tol yang merupakan program strategis nasional antara lain Tol Kayuagung Pematang Panggang sepanjang 77 km dan Tol Kayugung-Palembang Betung sepanjang 34,80 km.

Sekretaris Daerah Kabupaten OKI, H. Husin, S. Pd, MM mengatakan, Pemkab OKI sangat mendukung program nasional yang melintasi kabupaten OKI diantaranya melalui fasilitasi dan dukungan kebijakan.

“Setelah mendapat pelimpahan wewenang dari Gubernur kami bentuk panitia lokal yang membantu percepatan proyek nasional baik dari segi persiapan hingga pembebasan lahan tentunya dengan mekanisme dan aturan yang berlaku,” ungkap Husin.

Kepala Dinas Pertanahan Kabupaten OKI, Pratama Suryadi SP menjelaskan, perolehan lahan untuk kebutuhan jalan tol sampai dengan Oktober 2018 untuk Trase Tol Pematang Panggang- Kayuagung trase I sudah 100 persen, trase II diangka 99 persen dan Kayuagung-Jakabaring sebanyak 99 persen.

“Sejauh ini kita sudah bantu pembebasan lahan untuk kebutuhan jalan tol diangka 100 persen. Tinggal beberapa meter lagi yang sedang berproses yaitu pada trase II tol Pematang Panggang-Kayuagung dan Tol Kayuagung-Jakabaring,” ungkap Pratama.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Tata Ruang Kabupaten OKI, Ir Hafidz MM menambahkan, selain dukungan terhadap pelaksanaan proyek tol Pemkab OKI juga meminta kepada pihak kementerian PU PR dan pelaksana jalan tol untuk memperhatikan dampak pembangunan jalan tol seperti kerusakan jalan kabupaten, pembuatan over pass maupun underpass serta saluran irigasi untuk pertanian.

“Harus juga dipikirkan setelah proyek ini selesai terkait dampak pembangunan. Baik itu jalan-jalan yang dilalui alat berat, alur lalu Lalang warga sekitar jalan tol serta dampak tol terhadap pertanian. Ini kita tuangkan dalam kesepakatan kerjasama,” ungkap Hafidz.

(Eka DH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.