Peduli Korban Gempa dan Tsunami, Gubernur Abdul Gani Kasuba Keluarkan Edaran

Spread the love

Jurnalline.com, Maluku Utara – Gubernur Provinsi Maluku Utara (Malut) Abdul Gani Kasuba (AGK) mengeluarkan edaran penggalangan bantuan bencana alam Palu, Sigi dan Donggala Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

521.36/1258/G.- yang bersifat segera tersebut ditetapkan di Sofifi, Selasa 2 Oktober 2018
Edaran Gubernur nomor : 521.36/1258/G. tersebut ditujukan kepada bupati maupun walikota, pimpinan instansi vertikal, pimpinan perbankan, pelaku ekonomi dan usaha kecil, menengah dan besar, pimpinan SKPD lingkup provinsi Malut, organisasi sosial politik, pemuda dan masyarakat.

Hal tersebut sebagai bentuk solidaritas sosial dan simpati kemanusiaan terhadap derita saudara-saudara kita di Palu, Sigi dan Donggala Provinsi Sulawesi Tengah, yang mengalami musibah dan menjadi korban gempa bumi dan tsunami yang melanda wilayah itu beberapa hari yang lalu.

Ada empat point penting yang ditegaskan orang nomor satu di Maluku Utara itu, yakni, pertama, dihimbau kepada semua pihak baik pemerintah maupun swasta untuk meringankan penderitaan saudara kita di Sulawesi Tengah, dengan memberikan bantuan/sumbangan dalam bentuk barang yang dibutuhkan berupa ; selimut, tenda, bahan makanan, obat-obatan, pakaian bayi, pakaian layak pakai, peralatan mandi.

Yang kedua, untuk lebih terpusat dan memudahkan proses pengirimannya, diharapkan bantuan dapat disampaikan ke Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku Utara di Sofifi atau ke Posko BPBD Provinsi di Ternate yang beralamat di Jln. Hasan Esa Takoma RT.05, RW.02 (belakang Mess Arafura).

Ketiga, diharapkan bantuan dapat disampaikan sejak saat ini dan berakhir paling lambat 5 (lima) hari setelah himbauan ini dikeluarkan. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi sdr. Ridwan Syaban (085342599270, 081355596175) dan sdr. Syaiful Turuy (08114349567, 082122716325).

Kemudian yang keempat, selanjutnya Gubernur setelah berkoordinasi dengan Kepala Staf Angkatan Udara, akan difasilitasi penerbangan Pesawat Hercules milik TNI AU yang akan diberangkatkan dari Ternate menuju ke Palu guna membawa seluruh bantuan tersebut ke Posko Bencana di Palu.

Gubernur Malut, Abdul Gani Kasuba melalui Plt Kepala Biro Protokoler, Kerja Sama dan publikasi Sekertariat Daerah (Setda) Malut, Armin Zakaria kepada reporter Jurnalline.com membenarkan surat edaran Gubernur tersebut.

“Iya, surat itu telah dikirimkan ke Bupati/Walikota dan instansi vertikal, pimpinan perbankan SE-Malut untuk bisa menyalurkan sumbangan baik berupa uang maupun fisik berupa makanan dan minuman serta pakaian,” imbuhnya

(YUDI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.