Perwakilan Kementerian Pertahanan Maluku Utara Gelar Pembersihan Pantai

Spread the love

Jurnalline.com, Maluku Utara, Ternate – Dalam rangka menjaga kebersihan dan kesehatan di lingkungan pesisir pantai, kementerian Pertahanan  Perwakilan Provinsi Maluku Utara  kerjasama dengan Mahasiswa jurusan Kesehatan lingkungan  , organisasi kemasyarakatan dan komunitas Gamalama Bicycle Club (GBC) Ternate  menggelar kegiatan bakti sosial pembersihan sampah di Pantai Sulamadaha  Kec. Ternate Barat, Kota Ternate, Sabtu (27/10/2018).

Sebelum kegiatan dimulai diawali dengan kegiatan Sosialisasi tentang Ancaman Nir militer yang diberikan oleh Perwakilan Kemenhan Kolonel Marinir Rahmat  Djunaidi kepada seluruh peserta.

Acara Karya Bhakti pembersihan pantai ini diikuti 100 orang yang melibatkan Mahasiswa, organisasi masyarakat, Komunitas Sepeda GBC, perwakilan dari PT Garuda  dan  warga masyarakat sekitar pantai.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk kegiatan nyata yang dilakukan oleh Kementerian Pertahanan  dalam melaksanakan pembinaan terhadap potensi Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Buatan, agar tercipta ketahanan wilayah yang tangguh. Kegiatan Bhakti sosial dibuka langsung oleh Pejabat Perwakilan Kemenhan Provinsi Maluku Utara Kolonel Marinir Rahmat Djunaidi .

Dalam sambutannya  Beliau menyampaikan terima kasih banyak kepada peserta, para tamu undangan dan warga masyarakat yang hadir dalam kegiatan ini untuk melaksanakan karya bhakti pembersihan pantai Sulamadaha, kegiatan ini diharapkan agar dapat memberikan pembelajaran bagi masyarakat khususnya diwilayah Kota Ternate dalam membudayakan hidup bersih.

“Kami berharap kegiatan ini akan menjadi kebiasaan masyarakat pesisir pantai untuk dapat hidup dengan lingkungan bersih dan selalu menjaga kebersihan lingkungan “ ujarnya.

Dalam keterangannya Lurah Sulamadaha Syamsuddin Samad menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kemenhan selaku Panitia bahwa dengan diadakan pembersihan pesisir pantai yang dilaksanakan Kementerian Pertahanan dan seluruh elemen masyarakat.

Ia juga berharap masyarakat terus menjaga kebersihan, khususnya dipinggir pantai.”Diharapkan warga masyarakat sekitar peduli akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Kebersihan yang terus menerus diadakan dan dipelihara pasti akan membuat rasa nyaman dan indah untuk dilihat,” harap lurah

“Buanglah sampah pada tempatnya dan terus jaga kebersihan laut sehingga pemandangan akan indah untuk dinikmati sampai anak cucu kita dimasa mendatang. Selain itu ketika laut dalam keadaan bersih, ikan-ikan serta makhluk hidup di laut akan bereproduksi dan berpopulasi secara berkelanjutan,” pungkasnya

(YUDI/JK-Kemhan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.