Resmikan Website, Sejuta Teman Ajak Masyarakat Berani Lawan Hoax

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Komunitas relawan Sejuta Teman adalah gerakan yang diinisiasi oleh relawan relawan eks-Teman Ahok yang berasal dari beragam latar belakang. Sore ini, di bilangan Warung Buncit No 98, Sejuta Teman meresmikan Website Baru (24/10). Sejuta Teman ingin menyebarkan semangat positif pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 dengan fokus utama melawan hoax dan kabar bohong dimasyarakat, mengawal Pilpres jujur dan damai, serta menyebarkan konten pendidikan politik pada pemilih. Saat ini, Sejuta Teman sudah memutuskan untuk mendukung pasangan Joko Widodo – Ma”aruf Amin pada Pilpres 2019. Ini sesuai dengan. Semangat gerakan terdahulu yang mendukung sosok yang terbukti kinerja dan kualitasnya untuk mengisi pucuk kepemimpinan di Indonesia.

Juru Bicara Sejuta Teman Astri Wulan, menjelaskan “bahwa website ini nantinya akan digunakan sebagai salah satu media untuk melawan penyebaran hoax di masyarakat. “Kami membuka kanal “Lawan Hoax”, yang isinya kumpulan informasi serta berita yang belum jelas kebenarannya, mengidentifikasinya sebagai hoax, dan memberikan data serta fakta sebagai upaya meluruskan informasi yang beredar, “kata Astri”.

Selain itu, Sejuta Teman juga membuka kanal “Lapor Hoax” yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk melaporkan hoax yang ada disekitar mereka. Ini adalah upaya meningkatkan partisipasi publik untuk melawan hoax yang beredar mulai dari lingkungan terkecilnya. “Tiap jelang tahun politik, sangat mudah kita menemukan kabar kabar bohong dan bombastis disebar. Bahkan lingkungan terkecil misalnya group keluarga. Harapannya tentu makin banyak orang yang sadar dan secara aktif melaporkan hoax, bahkan harus dilawan dan diluruskan, “kata Astri”.

Turut hadir dalam peresmian website Sejuta Teman koordinator Relawan Edukasi Antihoax Indonesia (Redaxi), Astri Yanuarto, akademisi literasi digital Universitas Indonesia Firman K.Sujono, dan Duta Anti-Hoax Olga Lidya. Acara ini juga jadi momentum perdana kopi darat relawan digital yang sudah dibentuk Sejuta Teman sejak September lalu.

“Kami juga mengajak lebih banyak lagi teman teman untuk bergabung bersama kami dan menjadi relawan digital untuk melawan penyebaran hoax. Semakin banyak orang yang sadar dan secara aktif melawan hoax, tentu akan semakin baik bagi kualitas demokrasi kita, “Ujar Astri mengakhiri”.

(Yati)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.