Surplus Hingga 485 Ton, OKI Suplay Beras Ke Luar Sumsel

Spread the love

Jurnalline.com, Kayuagung OKI (Sumsel) – Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) terus meningkatkan produksi beras petani. Bahkan hingga saat ini OKI tetap surplus beras hingga 458 ribu ton yang dijual ke berbagai daerah luar Sumsel (12/10/2018)

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura OKI, Syarifuddin MSi mengatakan, sebagian besar wilayah OKI memang merupakan lahan pertanian yang sangat berhasil memproduksi beras dan di jual ke Bandar Lampung,Jambi dan Bangka serta daerah sekitarnya.

“Kalau ke Bangka itu petani asal Tulung Selapan yang menjual beras kesabaran,” terangnya.

Banyak program yang dilakukan untuk mendukung peningkatan produksi beras yang mana saat ini dilakukan percepatan pola tanam Indek Pertanaman (IP) 300 serta mencapai program swasembada pangan.

Beberapa waktu lalu pemerintah sudah menyalurkan bantuan alsintan kepada petani. Karena musim tanam April hingga saat ini, percepatan olah lahan akan sangat efektif sebagai upaya optimalisasi waktu tanam walaupun saat ini curah hujan sangat sedikit karena musim kemarau.

“Meski iklim panas saat ini yang tidak bisa ditanam Agustus bisa ditanam saat musim tanam,” imbuhnya.

Dengan peningkatan luas tambah tanam ini diharapkan empat bulan kedepan ada luas panen sejumlah 27.000 hektar. Sehingga kedepan OKI terus mengalami surplus beras yang bisa membantu daerah sekitarnya memenuhi kebutuhan beras.

Sementara itu ,Sekretaris Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura OKI, Zaini menambahkan, untuk masa panen di OKI tidak pernah putus setiap beberapa bulan sekali pasti di berbagai daerah mengalami panen. Sehingga keberadaan beras selalu cukup memenuhi kebutuhan 776.253 jiwa warga OKI. “Konsumsi beras di OKI ini tiap tahunnya 97.031 ton,” tandasnya.

(Eka DH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.