Media Survei Nasional(MEDIAN), Prabowo Lebih Unggul di Medsos Karena Pemilih Jokowi Lebih Tua

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Kalangan pemilih muda dan millenialmilleni menjadi pemilih yang sangat diperhitungkan oleh capres dan cawapres Jokowi-Ma’aruf Amin dan Prabowo-Sandiaga. Salah satu indikatornya adalah media sosial.

Hasil survei Media Survei Nasional (MEDIAN), pasangan Prabowo-Sandiaga banyak dipilih oleh pengguna sosial. Untuk kalangan pengguna Facebook misalnya, pasangan nomor urut 02 itu mendapatkan persentase 41,9% berbanding 42,4% dari Jokowi-Ma’aruf.

Sementara untuk pengguna Twitter Prabowo-Sandiaga unggul 59,2% melawan 29,5%. Untuk pengguna Instagram Prabowo-Sandiaga unggul 48,9% dan Jokowi-Ma’aruf Amin 39,1%. Tapi jangan lupa pemilih di Indonesia tidak sampai 50% yang mempunyai media sosial. Jadi jumlah pengguna juga tidak 100%, tapi dibawah 50%, “kata Direktur Eksekutif Rico Marbun dalam press release di bilangan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa 27 Nopember 2018.

Meski unggul di media sosial, Rico mengingatkan, agar Prabowo tidak melupakan media massa. Pasalnya pemilih diatas usia 40 tahun tidak menggunakan media sosial. Sehingga pesan kampanye yang disampaikan Prabowo tidak terserap oleh mereka.

Rico mengingatkan, Jokowi memang kalah dalam pemilihan pengguna media sosial. Hal itu karena Pemiliki wi lebih banyak berusia tua diatas 40 tahun. Mereka kebanyakan tidak menggunakan media sosial.

“Pendukung Jokowi itu usianya diatas 40 tahun, itukan sebagian besar memilih Jokowi. Maka kelompok dengan usia 50 tahun tidak aktif di media sosial, “ucapnya.

“Dia harus bergaung di media konvensional, dia harus ke koran itu pesannya kalau dia mau menang, di media sosial pengguna muda iya, yang usia atas dia harus masuk TV, media Online, “ujar Rico.

Survei Median dilakukan dalam rentang waktu 4-16 Nopember 2018, dengan sampel 1.200 responden, margin of error sebesar 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%. Sampel dipilih secara random dengan teknik multistage random sampling dan proporsional atas populasi provinsi dan gender.

(yati)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.