Optimalisasi Program JKN KIS BPJS Kesehatan MOU Dengan DPMPTSP

Spread the love

Jurnalline.com, Prabumulih (Sumatra selatan) – Muara Enim (27/11/2018), Dalam rangka Optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat. Kali ini BPJS Kesehatan menggandeng Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Muara Enim dengan melaksanakan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama bertempat di Ruang Rapat Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Muara Enim .

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama ini juga merupakan tindak lanjut dari Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2017 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional.

“Yang penting adalah isi atau ruang lingkup dari Perjanjian Kerjasama ini,yaitu terkait dengan pertukaran data dan sanksi terhadap pelayanan dan perizinan yang sudah disepakati,” kata Alfarizal selaku Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Muara Enim.

Alfarizal menambahkan bahwa Pihaknya (DPMPTSP Kabupaten Muara Enim) siap menerima daftar Badan Usaha yang perlu mendapatkan perhatian lebih agar Badan Usaha tersebut menjadi patuh terhadap Program JKN KIS baik dari segi Pendaftaran, pembayaran iuran dan penyampaian update data Badan Usaha.

Kerjasama yang dilakukan diantaranya turut mendorong optimalisasi Kepesertaan Program JKN KIS Kabupaten Muara Enim. Badan Usaha diwajibkan untuk mendaftarkan seluruh Pekerja beserta anggota keluarganya ke dalam Program JKN-KIS. Apabila tidak dilaksanakan maka akan ada sanksi yang harus diterima oleh Badan Usaha tersebut seseuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Kami berharap seluruh Badan Usaha dapat mendaftarkan Pekerjanya ke dalam Program JKN-KIS ini, karena jika tidak mendaftarkan seluruh pekerjanya maka sesuai regulasi yang ada Badan Usaha akan  dikenakan sanksi dan proses ketidakpatuhan badan usaha” kata Yunita Ibnu selaku Kepala BPJS Kesehatan Cabang Prabumulih.

Terkait dengan penandatanganan kerjasama ini, Yunita mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Muara Enim, Yunita juga berharap akan menciptakan sinergi yang baik antara kedua instansi ini untuk mewujudkan Indonesia yang lebih sehat.

(yitno)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.