RAPIM EPPA 2018, Bupati ROR : Warning OPD Maksimalkan Efektifitas Kelola Anggaran

Spread the love

Jurnalline.com, Sulawesi Utara (Minahasa) – Rapat EPPA memiliki peran strategis dalam pencapaian kinerja masing-masing perangkat daerah, terutama dalam upaya pencapaian realisasi keuangan maupun fisik.

Hal ini disampaikan Bupati Minahasa Ir Royke O.Roring, M.Si, bertempat di Ruang kantor Pemkab Minahasa, Jumat,(22/11/2018) menyampaikan bahwasanya pelaksanaan pemerintahan daerah dengan paradigma baru berdasarkan undang-undang nomor 23 tahun 2014 khususnya pengelolaan keuangan daerah harus dilakukan secara efektif, efisien, transparan, akuntabel, tertib adil, patut dan taat pada peraturan perundang-undangan.

Tujuannya adalah untuk menyeragamkan persepsi serta meningkatkan efisien dan efektifnya pengelolaan anggaran khususnya dilembaga pemerintahan pusat maupun daerah.
“Adanya berbagai kendala ini,kerena kurang mantahapnya perencanaan serta evaluasi kegiatan yang berakibat pada rendahnya penyerapan anggaran dan realisasinya.” Ujar ROR

Melalui rapat ini dirinya mengingatkan pentingnya perencanaan dan penyusunan anggaran yang efektif serta ditujukan sebesar-besarnya untuk memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat.

Diketahui dari laporan hingga dengan bulan november masih terdapat perangkat daerah yang belum melaksanakan perekaman data struktur anggaran APBD perubahan tahun 2018 pada aplikasi EPPA,

“Realisasi penyerapan keuangan dan fisik sampai bulan oktober 2018 sesuai jadwal yang ditetapkan untuk itu dalam momentum rapat ini meminta perhatian kepada pimpinan organisaai perangkat daerah bahwa dalam mengelola keuangan agar tertib Administrasi dan pelaporan realisasi keuangan dan fisik hendaknya disesuaikan dengan sistem monitoring pada aplikasi EPPA.” Urai Bupati Menambahkan dengan memperhatikan instruksi Bupati Minahasa no 02 tahun 2013 tentang Pelaksanaan Evaluasi dan pengawasan penyerapan anggaran (EPPA) Pemerintah Kabupaten Minahasa.

Turut dihdir Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring MSi, Sekretaris Daerah Kab. Minahasa Jeffry Korengkeng, SH, M.Si, Asisten Perekonomian dan Pembangunan sekdakab Minahasa Dr. Sihar Wilford Siagian, MA, Asisten Administrasi Umum Sekdakab Minahasa Hetty Rumagit, SH, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan setdakab Minahasa Philip Siwi, SE, Jajaran pemerintah Kab. Minahasa, Camat se-Kab. Minahasa, serta peserta rapat lainnya.

(EffendyIskandar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.