Sekda Korengkeng Hadiri Lokakarya Program Hibah PDAM Perkotaan

Spread the love

Jurnalline.com, Sulawesi Utara – Bupati Minahasa yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry R Korengkeng, SH, MSi bersama Direktu Utama Perusahaan Derah Air Minum Minahasa Arnold Winowatan, SH menghadiri lokakarya peminatan pelaksanaan program hibah air minum perkotaan tahun 2019, Kamis (1/11/2018) di Jakarta.

Kegiatan yang diawali oleh ketua panitia ketua CPMU program Hibah Air Minum dan sanitasi dirjen cipta karya, dilanjutkan arahan dari dirjen perimbangan keuangan kementerian keuangan RI Astera Primanto Bhakti, dan dilanjutkan Sambutan Menteri PUPR sekaligus membuka secara resmi kegiatan lokakarya yang diwakili oleh Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Bpk.DR. Ir. Danis H. Sumandilaga, M.Eng.SC.

Sumandilaga bahwa Program hibah air minum perkotaan merupakan pemberian hibah dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah mengacu pada kinerja yang terukur dan investasi yg direalisasikan oleh pemerintah daerah melalui penyertaan modal PDAM.

“Menurut sumber the global competitive report, Index daya saing  Pembangunan Infrastruktur Indonesia mengalami peningkatan yang siginifikan, sebagaimna data pada tahun 2017-2018 berada di urutan ke-52 dari posisi sebelumnya di periode 2015-2016 yang masih berada di posisi 62,” ujarnya

Lebih lanjut dikatakan untuk proyeksi penduduk indonesia sampai pada tahun 2035 sebesar 66.6 persen masyarakat tinggal di perkotaan, ini berimplikasi pada ketersediaannya infrastruktur khususnya air minum perkotaan.

Sementara itu Sekda Korengkeng mewakili Bupati mengatakan bahwa program hibah ini sangat -sangat bermanfaat bagi Kabupaten/Kota karena anggaran hibah yg dianggarkan melalui APBD setelai selesai pelaksanaan dana tersebut akan dikembalikan oleh pemerintah pusat.

“Program ini juga bertujuan meningkatkan cakupan pelayanan air minum perpipaan yang diprioritaskan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MPR) dalam rangka meningkatkan derajat kualitas kesehatan masyarakat,” tukas Korengkeng

Dikatahui bahwa beberapa kabupaten/kota di indonesia yang telah berhasil memasang SR atau sambungan rumah sebanyak 15.000. adalah kota Bandung, perbandingan dengan Kabupaten Minahasa data PDAM Minahasa per oktober  2018, untuk Sambungan Rumah  telah mencapai  11.000 lebih sambungan,” Tutup Dirut PDAM Arnold Winowatan.

(EffendyIskandar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.