Selamatkan Petani Kopra, Gubernur akan Temui Pengusaha di Surabaya

Spread the love

Jurnalline.com, Sofifi (Maluku Utara) –Gubernur KH. Abdul Gani Kasuba, Lc, turut prihatin dengan anjloknya harga kopra di provinsi Maluku Utara. Untuk mengatasi harga kopra yang “terjun bebas” dipasaran, Gubernur akan temui pengusaha kopra di Surabaya, provinsi Jawa Timur, yang dijadwalkan besok, Jumat 23 November 2018.

Hal itu dikemukakan oleh AGK sapaan Gubernur, dalam video yang direkam oleh Sahrin Hamid, di Jakarta, Kamis (22/11/2018), malam. Dalam video tersebut, Sahrin meminta Gubernur untuk menanggapi tuntutan masyarakat, khususnya mahasiswa untuk menaikan harga kopra pada aksi demonstrasi yang dilakukan di Sofifi dan Ternate, Kamis (22/11/2018) siang tadi.

“Besok sore Insya Allah saya akan ke Surabaya mencari jalan untuk para pedagang kopra di Surabaya, bermaksud kalau itu kita bisa sepakat dan bekerja cepat untuk membantu masyarakat langsung. Sehingga, kita dapat kita akan mencoba rencana yang mudah-mudahan kita dapat dapatkan sebuah solusi,” tutur Gubernur

Orang nomor satu di Maluku Utara itu menyampaikan kepada seluruh masyarakat, bahwasannya Pemprov terus berupaya untuk menstabilkan harga kopra. Berbagai langkah akan ditempuh, salah satunya meminta bantuan orang-orang di lingkaran Gubernur untuk bertemu dengan pengusaha (Investor).

“Saya sampaikan kepada anak-anakku yang saya cintai, rakyat Maluku Utara. Kita berupaya terus, sehingga saya ada panggil teman-teman, pak Ikbal. Dia punya teman di Kadin (Kamar Dagang dan Industri) di Jawa Timur, Surabaya, juga ada beberapa pengusaha kopra di Surabaya,” ungkap AGK

Dikatakan, Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dapat mengambil peran dalam menanggulangi turunnya harga kopra. Hal itu, lanjut Gubernur, untuk menyelamatkan para petani yang berada di desa-desa. Kemudian, Bumdes akan mengirim langsung ke Surabaya, Jatim.

“Mungkin kita akan gunakan Bumdes yang ada di desa-desa, untuk masyarakat (Bumdes) dapat membeli langsung ke petani kopra, dan ditampung. Kemudian, kita akan jual langsung ke Surabaya.

Karena, lanjut AGK, dalam waktu singkat kebutuhan masyarakat harus teratasi. Pasalnya, ia khawatir ada gerakan berlebihan yang ditunjukan oleh masyarakat, kemudian dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Mantan Wagub Thaib Armayn ini berharap, masyarakat dapat dapat bersabar menanti langkah pemerintah dalam menuntaskan persoalan harga kopra yang kini menjadi perhatian semua pihak.

“Oleh karen itu, saya berharap kepada masyarakat, anak-anakku mahasiswa, mudah-mudahan besok sore saya mengajak beberapa teman ke Surabaya untuk kita mencari jalan. Berapa sebenarnya harga kopra di Surabaya. Kemudian, kita sesuaikan dengan kemampuan daerah baik provinsi maupun kabupaten-kota,”pungkasnya

(YUDI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.