Sumsel Minim Atlet, KONI Kabupaten/Kota Di Minta Beri Sumbangsih

Spread the love

Jurnalline.com, Kayuagung OKI (Sumatera selatan) – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatra Selatan (Sumsel), mencatatkan bahwa jumlah atlet di daerah ini terbilang sedikit. Saat ini, jumlah atlet Sumsel, disebutkan tidak sampai 100 orang (atlet).

Pada situasi ini, Wakil Ketua Umum (Waketum) 1 Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumsel, Dhennie Zainal meminta agar setiap kabupaten/kota untuk berkontribusi melahirkan atlet-atlet handal.

“Melahirkan dan mencari bibit serta mengembangkan atlet ini bukan hanya menjadi tugas dari KONI Sumsel, tapi ini juga tugas KONI di kabupaten/kota juga,” ujarnya saat menghadiri kegiatan Musorkab KONI OKI, di GOR Biduk Kajang, Kayuagung, Kamis (29/11).

Melalui Musorkab KONI OKI, ini dirinya berharap, agar hal ini dapat menjadi tonggak kemajuan KONI dan olahraga khususnya di Kabupaten OKI, dan Sumsel. Pasalnya, dalam beberapa tahun terakhir, dunia olahraga di OKI, bisa dikatakan mengalami penurunan.

Salah satunya ditandai dengan peringkat Kabupaten OKI, pada klasemen Porprov 2 edisi terakhir di Palembang, OKI terlempar dari posisi 10 besar, padahal pada edisi sebelumnya di Lubuk Linggau OKI, menempati posisi keenam.

“Hari ini, kita mencari figur pengganti yang diharapkan dapat meningkatkan prestasi serta mencari para atlet dan mengembangkan para atlet yang ada. Karena olahraga adalah untuk kita semua,” katanya.

Menurutnya, menjadi atlet saat ini tidaklah seburuk yang dibayangkan seperti sebelum-sebelumnya.

“Lihat saja salah satunya para atlet yang berhasil meraih medali pada Asian Games lalu. Ajak keluarga, sanak yang memiliki potensi di bidang olahraga. Selain itu, para atlet ini juga mendapat uang pembinaan,” tuturnya.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati, Fahrul Rozi menyampaikan, ke depan Kabupaten OKI akan semakin berkomitmen untuk memajukan olahraga. Menurutnya, KONI menjadi ujung tombak untuk kemajuan olahraga ini, sehingga dirinya mengharapkan agar KONI Sumsel dapat terus memberikan pembinaan terhadap KONI OKI terkait bagaimana kemajuan olahraga.

“Mudah-mudahan Musorkab ini dapat menghasilkan pemimpin KONI OKI, yang mau meluangkan waktu untuk kemajuan olahraga khususnya di OKI,” ujarnya.

Apalagi, ke depan ada beberapa agenda olahraga yang harus diikuti salah satunya Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumsel, yang akan dilaksanakan sekitar November 2019.

Sebagai informasi, pada Musorkab KONI OKI 2018 ini, ada dua nama yang akan bersaing memperebutkan kursi Ketua Umum (KONI) OKI, yaitu Muhammad Refly yang didukung oleh 13 cabang olahraga (cabor) dan Ahmad Firdaus.

(Eka DH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.