Kapolri Hadiri Silaturahmi Rohaniawan dan Cendekiawan Lintas Agama di Pesantren Modern Internasional Dea Malela

Spread the love

Jurnalline.com, NTB – Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D. menghadiri acara Silaturahmi Rohaniawan dan Cendekiawan Lintas Agama untuk Indonesia Bersatu, Rukun, dan Damai yang diselenggarakan di Pesantren Modern Internasional Dea Malela, Kab. Sumbawa, NTB, Jum’at (30/11/2018)

Dalam kegiatan tersebut, Kapolri didampingi oleh Asrena Kapolri Irjen Pol Dr Gatot Edy Pramono, M.Si, Kadivpropam Polri Brigjen Pol Hendro Pandowo, Kadivhumas Polri Brigjen Pol M. Iqbal. Sik. Msi.dan beberapa pejabat Mabes Polri.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Prof. Dr. K.H. Muhammad Sirajuddin Syamsuddin, M.A., selaku Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Dea Malela ini, diikuti oleh 29 Rohaniawan dan Cendekiawan dari berbagai kalangan.

Di antaranya hadir Tokoh MUI, Prof. Dr. Azyumardi Azra dan Dr. Anwar Abbas, M.M., dari Cendekiawan Muslim di antaranya Prof. Dr. Komaruddin Hidayat, Prof. Dr. R. Siti Zuhro, Drs. Usamah Hisyam, dan K.H. Kikin A. Hakim, dari Cendekiawan Nasrani di antaranya Pdt. Dr. Bambang Widjaja dan Yakobus Stefanus Muda, S.P., dari Cendekiawan Hindu di antaranya Drs. I Nyoman Udayana dan Dr. I Gede Rudia Adiputra, M.Ag., dari Cendekiawan Budha di antaranya Prof. Dr. Philip K. Wijaya, serta Cendekiawan Konghucu, di antaranya Drs. Uung Sendana, M.Ag.

Pada sesi dialog yang dibuka oleh Prof. Dr. KH. Muhammad Sirajuddin Syamsuddin, M.A., Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D menyampaikan apresiasi terhadap penyelenggaraan kegiatan tersebut sebagai bagian dari upaya untuk mempererat silaturahmi dan meningkatkan semangat kerukunan antar umat beragama.

“Kegiatan ini sangat penting dilaksanakan, terlebih dalam menghadapi beberapa agenda penting nasional ke depan, antara lain pengamanan Perayaan Natal dan Tahun Baru 2019, serta pengamanan Pemilu tahun 2019,” kata Kapolri.

Kapolri berharap para rohaniawan dan cendekiawan dapat berperan aktif dalam merawat persatuan dan kesatuan bangsa dengan mengintensifkan dialog antar tokoh agama.

“Para rohaniawan dan cendekiawan yang hadir turut menyampaikan apresiasi terhadap penyelenggaraan kegiatan ini, serta berkomitmen untuk mendukung upaya Polri dalam mewujudkan Pilpres dan Pileg tahun 2019 yang sejuk, aman, damai, dan kondusif melalui aspek kerukunan antar umat beragama,” tutup Kapolri Jenderal Pol Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D.

(Fram/ST-P)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.