Peserta CPNS Polri Polda Banten Tersisa 19 Peserta, Dalam Seleksi Kompetensi Bidang

Spread the love

Jurnalline.com, Serang Kota (Banten) – Biro Sumber Daya Manusia ( SDM ) Polda Banten kembali menggelar Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Polri tahun 2018. Peserta CPNS Polri yang saat ini tersisa 19 dari 83 orang pagi tadi usai mengikuti ujian SKB aspek pengetahuan dengan Computer Assisted Tes (CAT) di UPT BKN Kota Serang, Selasa (11/12/2018).

“Tujuan dari pelaksanaan SKB aspek pengetahuan adalah untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan peserta sesuai bidangnya masing-masing,” ungkap Kepala Biro SDM Polda Banten Kombes Pol Langgeng Purnomo saat meninjau kesiapan pelaksanaan tes CAT.

Menurut Kombes Pol Langgeng Purnomo, pelaksanaan tes dengan CAT ini lebih mudah. Hasil atau nilai dapat diketahui secara real time ketika ujian selesai. Dengan begitu, tidak ada celah bagi pelaku untuk melakukan praktek KKN.

“SKB menggunakan CAT, untuk menghilangkan praktek KKN dalam pengadaan CPNS. Sehingga peserta langsung berinteraksi dengan sistem komputer, bukan lagi dengan manusia. Kemudian hasilnya pun langsung diketahui oleh peserta (real time) setelah pelaksanaan ujian selesa,” kata Kombes Pol Langgeng Purnomo.

Kasubbagdiapers Bagdalpers Biro SDM Polda Banten Kompol Mujib menambahkan, bahwa hasil tes SKB aspek pengetahuan saat ini tidak menggugurkan.

“Masih ada uji aspek lanjutan, nanti diadakan tes kembali hari Senin depan (17 Desember 2018-red). Aspek perilaku dan praktek yang akan diujikan nantinya akan diakumulasi untuk mendapatkan nilai keseluruhan,” terang Kompol Mujib.

Kepala UPT BKN Serang Juardi mengungkapkan, ketentuan kelulusan pada tahun 2018 berbeda jika dibandingkan pada tahun sebelumnya. Jika tahun lalu kelulusan CPNS ditentukan nilai batas minimum, tahun ini peserta harus berlomba-lomba untuk mendapatkan nilai tertinggi dan menempati ranking 1 sampai 3.

“Ketentuan kelulusan adalah ranking, sekarang persaingannya di angka. Angka atau nilai yang tertinggi ketika diranking itulah yang berhak untuk menjadi CPNS,” ucap Kepala UPT BKN Serang Juardi.

(Ags/ Bid. Humas Polda Banten)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.