Polri Raih Indeks Kepuasan 74,46% Dan Indeks Kepercayaan 80,37%

Spread the love

Jurnalline.com Jakarta – Korps Bhayangkara yang dipimpin Jenderal Polisi Tito Karnavian, mendapat kepercayaan yang sangat tinggi dari publik.

Hal ini sesuai dengan hasil survei Markplus, Hermawan Kertajaya, kepada wartawan di kantornya, Office 88, Jalan Casablanca, Kuningan Jakarta Selatan, pada Jum’at (1/02) mengatakan, survei yang dilakukan Markplus melibatkan 29.250 responden acak yang berada di wilayah hukum 34 Polda dan 461 Polres.

Kata dia, survei dilakukan dengan metode online survei, computers assisted telephone interview (CATI), computers assisted personal interview (CAPI).

“Terdapat 110 Polres dan 1 Polda yang indeks kepuasannya diatas 90% dan itu mayoritas diluar Pulau Jawa. Untuk Indeks kepercayaan ada 191 Polda dan 6 Polda yang diatas 90%, itu juga mayoritas diluar Pulau Jawa, “ujarnya.

“3 besar Polres diluar Jawa untuk indeks kepuasan adalah Polres Talaud (Sulawesi Utara), Polres Ende (NTT), dan Polres SIKKA (NTT). Untuk Polres Pasuruan Kota, Polres Mojokerto dan Polres Tuban, “tambahnya.

Sementara itu untuk kepercayaan, Polres yang mendapat indeks tertinggi diluar Jawa adalah Padang Panjang, Polres Tebing Tinggi, dan Polres Muara Enim. Selanjutnya untuk yang di Jawa adalah Polres Pasuruan Kota, Polres Gunung Kidul, dan Polres Mojokerto.

Hermawan menerangkan responden berasal dari kategori usia 21 sampai 25 tahun, dengan level pendidikan mayoritas SMA atau setingkat SMA. Dalam melakukan penelitian ini, Hermawan memastikan responden nya, bukan berasal dari keluarga polisi.

“Sejumlah Polres dan Polda diluar Jawa yang mencapai indeks kepuasan dan kepercayaan diatas 90% menunjukan sangat baiknya hubungan antara polisi dan masyarakat di daerah. Sehingga masyarakat cenderung lebih mudah mengapresiasi apa yang dilakukan Polri, “kata Hermawan.

Hermawan mengatakan saat responden diajukan skala penilaian 1 sampai 6 untuk menunjukan tingkat kepuasannya dan kepercayaannya, tehadap polisi, mayoritas memberikan nilai 4 dan 5. “Masih sedikit yang memberi nilai 6, “tandasnya.

Hermawan juga menjelaskan ada 4 poin yang mendasari penilaian terhadap Polri, yakni kultur, penanganan isu, terkini lalu manajemen media.

“Di urutan keempat ada kinerja empat point’ itu berkontribusi besar dalam membangun kepercayaan masyarakat terhadap Polri, “demikian kata Hermawan.

(Yati)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.