Babinsa Koramil 03/GP Bersama Tiga Pilar Bantu Pengamanan Giat Odalan di Pura Candra Prabha Kelurahan Wijayakusuma

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta Barat (Kodim 0503/JB) – Serma J. Tarigan & Serda Parno, Babinsa Koramil 03/Grogol Palmerah, Kodim 0503/Jakarta Barat bersama Tiga Pilar dan Mitra Jaya Koramil 03/GP melaksanakan pengamanan kegiatan ibadah Odalan di Pura Candra Prabha, Jalan Indraloka Raya No.1 Kavling Polri Kelurahan Wijaya Kusuma, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Rabu (20/03/2019).

Kegiatan ibadah Odalan yang bertemakan melalui puja wali kita tingkatkan sradha dan bhakti untuk menjaga kebersamaan dan persaudaraan ini adalah dalam rangka memperingati hari jadi dan
ulang tahun ke-40 Pura Candra Prabha.

“Kami selaku Babinsa Kelurahan Wijaya Kusuma Koramil 03/GP ini adalah untuk membantu pengamanan dalam rangka harmoni dalam kebhinnekaan,” ujar Babinsa Serma J. Tarigan.

Sementara itu di tempat yang sama Ketua Panitia giat ibadah odalan, Ir made Sukenria nengungkapkan apresiasinya atas pengamanan dari Tiga Pilar.
“Kami atas nama seluruh kepanitiaan acara giat odalan Pura Candra Prabha dengan jumlah jemaah berjumlah ± 700 orang ini, mengucapkan terima kasih kepada Tiga Pilar khususnya TNI-Polri yang telah membantu pengamanan,” ucapnya.

Odalan atau Piodalan pada hakikatnya adalah peringatan hari kelahiran (hari jadi) sebuah pura, sebut saja seperti peringatan ulang tahun. Jika ulang tahun kita diperingati berdasarkan perhitungan kalender (umumnya tanggal dan bulan) sedangkan ulang tahun (tegak odalan) pura/kahyangan ditentukan berdasarkan perhitungan sasih atau wewaran terutama memadukan sapta wara dan panca wara serta wuku. Jika perhitungan berdasarkan sasih maka umumnya dikaitkan dengan saat datangnya bulan sempurna(bulan purnama). Umumnya odalan/piodalan yang berdasarkan sasih selalu jatuh pada saat purnama dengan sasih yang berbeda-berbeda dan diperingati setahun sekali.

*(Fram/Jecko Umbrella)*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.