Dandim 0508/Depok : Pasukan TNI yang membantu Polres Depok melakukan pengamanan pemilu berjumlah 762 personel

Spread the love

Jurnalline.com, Depok – Komandan Distrik Militer (Dandim) 0508/Depok Letkol Inf Eko Syah Putra Siregar menyatakan ada sebanyak 762 personel TNI akan dikerahkan untuk mengamankan pelaksanaan Pemilu 2019 di wilayah Kota Depok.

“Pasukan TNI yang membantu Polres Depok melakukan pengamanan pemilu berjumlah 762 personel,” kata Dandim di Makodim Depok, Jumat (12/04/2019).

Dari 762 personel tersebut, lanjut dia, sebanyak 472 merupakan personel BKO (bawah komando operasi). Sisanya merupakan personel Kodim 0508/Depok.

“472 personel BKO ini didatangkan dari sejumlah satuan di jajaran TNI AD, diantaranya Batalyon Arhanud 10, Bekangad, Detasemen Rudal 003 dan Divif 1 Kostrad,” ujar Dandim.

Menurutnya, seluruh personel pengamanan Pemilu tersebut, akan melakukan pengamanan atas pelaksanaan pemungutan suara, dengan pola penempatan personel sesuai pemetaan tingkat keamanan.

“Pola pengamanan ini berdasarkan titik aman. Pasalnya, ada sejumlah TPS yang dianggap dapat menimbulkan potensi konflik dan itu sangat relatif kecil, mendapat pengamanan ekstra,” kata Dandim.

Para personel TNI yang akan melakukan pengaman Pemilu di wilayah Depok itu, kata dia, nantinya pada H -2 pencoblosan, akan disebar ke TPS-TPS yang ada di wilayah Depok.

“Nanti, pada tanggal 15 April, seluruh personel pengamanan sudah mulai melakukan pengaman di TPS,” ujarnya.

Dandim berharap, melalui kekuatan keamanan oleh TNI-Polri serta bantuan masyarakat, seluruh tahapan pelaksanaan Pemilu 2019 du Depok dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

Ia optimis, pelaksanaan Pemilu di Depok aman, sebab telah dibuktikan saat Pilgub Jabar maupun pemilihan lainnya, semuanya berjalan aman. Hal ini, kata dia, tidak lepas peran serta masyarakat Depok, yang menginginkan kehidupan dalam tatanan kenegaraan ini aman.

“Harapannya sama seperti yang diharapkan semua orang, Depok aman dan Damai. Dan saya jamin, pelaksanaan pemilu 2019 di Depok aman dan damai,” pungkasnya.

Penulis : Fram
Editor : Fay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.