Dinas Sosial DKI Gelar Apel Kesiapan Petugas P3S Dalam Mengantisipasi PMKS Jalanan

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, siap menghalau Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), menjelang Iedul Fitri. Ratusan petugas Pelayanan, Pengawasan, dan Pengendalian Sosial (P3S), akan diterjunkan di titik titik rawan di Jakarta. Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Irmansyah, pada apel bersama Satgas P3S, dalam rangka pengendalian sosial PMKS Jalanan, menghadapi arus mudik dan menjelang Iedul Fitri di kantor Dinas Sosial DKI Jakarta, Jalan Gunung Sahari II, Jakarta Pusat, Rabu 29 Mai 2019.

“Ada 279 titik rawan PMKS yang dijaga oleh 439 petugas, “ujarnya.

Apel ini, lanjut Irmansyah, “sekaligus sebagai upaya kordinasi untuk mengantisipasi perpindahan penduduk usai Hari Raya Idul Fitri, “Kami menyadari, Jakarta sebagai Ibukota yang terbuka, diminati pendatang. Yang menjadi catatan penting adalah ketika mereka datang kesini, tapi tidak memiliki pekerjaan dan tempat tinggal tetap. Sehingga sangat memungkinkan menbah permasalahan PMKS, “tuturnya.

Irmansyah menjelaskan Dinsos DKI dan instansi terkait lain telah menangani PMKS sejak awal Ramadhan, 6 Mai 2019. Selama Ramadhan 2019, jumlah gelandangan dan pengemis yang dijangkau sebanyak 264 orang, atau lebih sedikit dibanding pada Ramadhan 2018, yakni 524 orang. “Bahwa tahun 2019 ini dibanding tahun 2018, ada penurunan 50,4 persen. Kami berikan apresiasi penurunan ini bahwa, kita semangat bekerja dalam rangka menjaga DKI Jakarta terbebas dari PMKS kedepan, “jelasnya.

Dinsos DKI Jakarta akan memperketat pengawasan terhadap PMKS. Penjagaan akan dilakukan di 279 titik diwilayah rawan di Jakarta, seperti jembatan penyebarangan orang (JPO), Pasar Tradisional, TPU, Mall, hingga Perumahan penduduk.

Tak lupa, Irmansyah juga mengapresiasi para petugas yang akan terjun ke lapangan saat lebaran nanti, “Saya berterima kasih kepada para petugas yang disini. Disaat yang lain menjalani Hari Raya berkumpul dengan keluarganya, kalian rela berada di lapangan demi tugas negara, agar tercipta suasana yang kondusif, “ujar Irmansyah.

Penulis : Khnza Haryati
Editor : Fay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.