Persiapan KJK Keliling Dunia, Palaklat Laksanakan Paparan

Spread the love

Jurnalline.com, Surabaya – Dalam rangka persiapan Latihan Praktek (Lattek) Kartika Jala Krida (KJK) Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) tingkat III angkatan 66 tahun 2019 dengan KRI Bimasuci keliling dunia, Kama Latpel AAL Letkol Laut (P) Afrillian S, M.Tr. Hanla., M.M. yang juga selaku Palaklat Lattek KJK melaksanakan paparan di Gedung R. Soebiakto AAL, Bumimoro Surabaya, Senin (6/5).

Paparan yang dipimpin langsung oleh Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M. juga dihadiri Wagub AAL Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., para pejabat utama AAL dan segenap pejabat di lingkungan AAL.

“Pelayaran KRI Bimasuci dengan misi KJK yang akan berlangsung selama kurang lebih 96 hari, dari tanggal 5 Agustus s.d. 9 November 2019 ini diikuti 123 taruna AAL tingkat III, yaitu 41 personel Korps Pelaut, 16 personel Korps Teknik, 14 personel Korps Elektro, 12 personel Korps Suplay dan 20 personel Korps Marinir serta 20 personel pendukung dari anggota tetap AAL”, demikian ungkap Palaklat Lattek KJK didepan para peserta paparan.

Ditambahkan bahwa pelayaran rute KRI Bimasuci nantinya akan dimulai dari Surabaya – Manila – Jepang – Korea – China – Brunai Darusalam – Malaysia – Thailand – Myanmar – Padang – Australia – serta kembali lagi ke Surabaya.

Selain paparan persiapan KJK, juga dipaparkan tentang zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) oleh Kabagset AAL Letkol Laut (KH) Dr. Muh. Saichu, S.Ag., M.A.P.

Dalam paparan zona integritas, dari 7 Satuan Kerja di TNI Angkatan Laut yang ditunjuk oleh Mabesal, yaitu AAL, Pushidrosal, Dispenal, Puspomal, Ladokgi REM Jakarta, Ladokgi Yos Makasar dan Lanal Bangka Belitung guna menuju WBK dan WBBM, terpilih 3 perwakilan dari AAL, Pushidrosal dan Ladokgi Yos Makasar. Ketiga perwakilan dari TNI AL ini nantinya akan diajukan ke Kemenpan Reformasi Birokasi untuk dinilai kembali bersama perwakilan dari TNI AD dan TNI AU.

Dengan tercapainya AAL sebagai salah satu dari 3 perwakilan zona integritas menuju WBK dan WBBM. “Selamat atas kinerja terbaik AAL yang telah ditunjuk Mabesal sebagai perwakilan zona integritas. Semoga dapat terus kita pertahankan demi kemajuan AAL, TNI AL, Bangsa dan Negara”, kata Gubernur AAL di sela-sela diskusi pada acara paparan zona integritas.

Paparan diakhiri dengan diskusi dan saling bertukar pikiran serta pendapat guna menambah wawasan diantara para peserta paparan yang terlibat. Selain itu, sebagai bahan masukan guna pemecahan masalah terhadap permasalahan yang timbul.

Penulis : Fram
Editor : Andre
Sumber : Kabagpen AAL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.