Danramil Muara Pahu : Melestarikan Adat Istiadat Budaya Di Pesisir Mahakam Dan Sungai Kedang Pahu

Spread the love

Jurnalline.com, KOREM091 (Kutai Barat) – Komandan Koramil 0912 – 05 Muara Pahu Kodim 0912/Kutai Barat Kapten Arm Sutrisno sangat terharu atas apa yang telah di berikan oleh warga masyarakat kampung Tanjung Laong, yakni dalan acara penyambutan yang sangat kental dengan adat istiadat serta budaya setempat, hal ini membuat bangga dengan keragamaan yang ada pada wilayah binaannya Teritorial Koramil 05 Muara Pahu, bertempat di Gor Kampung Tanjung Laong Kec. Muara Pahu Kab. Kutai Barat, Kalimantan Timur , Kamis (27/6/2009).

Pelantikan kepala adat kampung Tanjung Laong di hadiri Danramil 0912 – 05 Muara Pahu Kodim 0912/Kutai Barat. Kegiatan ini mengambil tema “Melestarikan Adat Istiadat Budaya Di Pesisir Mahakam Dan Sungai Kedang Pahu”.

Dihadapan undangan yang hadir kurang lebih seratus orang, dan di saksikan Camat Muara Pahu Drs. H. Suhamdi, Komandan Koramil mengajak disemua elemen masyarakat agar perlu adanya pelestarian keragaman budaya kampung Muara Pahu.

”Sungguh luar biasa adat istiadat yang ada disini dimana menurut saya ini semua penuh makna dan selalu mengandung sosial dan motifasi juang tinggi dalam kehidupan bermasyarakat. Tantangan kita saat ini tentu ada terutama perubahan global perkembangan jaman saat ini tidaklah mudah bagi kita semua, untuk mengajarkan budaya maupun adat istiadat kita bagi generasi mudah kampung ini, oleh karena itu saya mengajak melalui kesempatan ini mari kita semua berbuat yang terbaik bagi kelestarian seni, budaya dan adat istiadat kampung Muara Pahu”, pintanya.

Sedangkan Ucapan terima kasih dari Camat Muara Pahu ke pada Komandan Koramil yang begitu tulus disampaikannya, beliau mengatakan semoga motifasi dan dorongan dari Komandan Koramil, ini akan kami tindak lanjuti bersama dinas yang terkait baik di kecamatan sendiri maupun tingkat Kabupaten, Agar keragaman Budaya tetap lestari hingga anak Cucu nanti.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Narasumber : Penrem 091/ASN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.