Upacara Hari Lahir Pancasila, Dandim : Terapkan Nilai Luhur Pancasila Dalam Kehidupan

Spread the love

Jurnalline.com, Madiun – Bertempat di Halaman Gedung Balai Kota Madiun Jl Pahlawan No 37 Kelurahan Kartoharjo Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun Dandim 0803/Madiun Letkol Czi Nur Alam Sucipto S.Sos bersama dengan jajaran Forkopimda Kota Madiun, melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tingkat Kota Madiun Tahun 2019, Sabtu (1/6/2019).

Bertemakan “Kita Indonesia,Kita Pancasila”, upacara Hari Lahir Pancasila tersebut juga dihadiri oleh Wakil Walikota Madiun Inda Raya AMS SE M.I.B, Sekda Kota Madiun Rusdianto SH M.Hum, Ketua DPRD Kota Madiun Drs Istono M.Pd, Kapolres Madiun Kota AKBP Nasrun Pasaribu S.IK MH, Kepala Kajari Kota Madiun Handoko Setiawan, Camat dan Kakel se wilayah Kota Madiun, ASN lingkungan Pemkot Madiun,  OPD dan LSM wilayah Kota Madiun.

Selaku inspektur dalam upacara ini Walikota Madiun Drs H.Maidi SH MM M.Pd membacakan amanat dari Plt Kepala BPIP(Badan Pengembangan Ideologi Pancasila) Bapak Hariono, “ Kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena kita dapat berkumpul dan mengadakan upacara untuk memperingati hari kelahiran Pancasila, “.

“Pancasila mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif, “ tambahnya.

Usai acara, Dandim 0803/Madiun Letkol Czi Nur Alam Sucipto S.Sos mengungkapkan, “Perlunya kita untuk melakukan mendekatkan masyarakat pada Pancasila, seluruh komponen dan instrumen negara wajib aktif menerapkan nilai-nilai luhur Pancasila, “ tegasnya

“Kodim 0803/Madiun melalui para Babinsa Koramil jajaran selalu menggandeng, RT, RW, dan seluruh instrumen masyarakat lainnya untuk mengambil dan menerapkan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat,” jelas Dandim.

“Kita juga harus memaknai pancasila, dengan mengingat jasa pahlawan yang telah memerdekakan bangsa Indonesia. Saya kira dengan mengingat jasa para pahlawan yang sudah memerdekakan Indonesia ini, maka kita akan menghargai Pancasila,” imbuh Dandim 0803/Madiun.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : mc0803

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.