Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Danrem 082/CPYJ Sampaikan Amanat BPIP

Spread the love

Jurnalline.com, Kota Mojokerto – Pancasila, merupakan dasar negara Indonesia yang kekal dan abadi. Pada tahun 1 Juni 1945 silam, seakan menjadi saksi jika dasar negara tersebut merupakan salah satu pondasi utama Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Demikian dikatakan Danrem 082/CPYJ, Kolonel Arm Ruly Chandrayadi, S. H, melalui pelaksanaan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar di lapangan Makorem. Sabtu, 1 Juni 2019.

Pancasila, kata Danrem, merupakan sumber inspirasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang mampu membawa kemajuan, hingga kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia.

“Pancasila, mampu mewujudkan Persatuan, Kesatuan dan Pembangunan bagi bangsa Indonesia,” ucap Danrem melalui amanat Badan Pembina Ideologi Pancasila yang dibacakannya. “Terutama untuk membangun bangsa, sekaligus merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dan makmur,” imbuhnya.

Tidak hanya itu saja, menurutnya, Pancasila pertama kali diperkenalkan oleh Presiden Pertama RI, Ir. Soekarno atau yang biasa dikenal Bung Karno saat sidang BPUPKI di Gedung Chuo Sangi In, Jakarta.

“Fondasi berdirinya rumah besar bernama Republik Indonesia, digagas oleh para Founding Fathers berpikir keras, bagaimana caranya agar negeri ini sanggup menaungi kodrat pluralistiknya,” jelasnya.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Penrem 082/CPYJ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.