Babinsa Koramil 06/Kota Bangun Melatih Dan Wasbang Kepada Sisdik Baru

Spread the love

Jurnalline.com, Kota Bangun (Kutai Kartanegara) – Mengawali Tahun Pelajaran 20119/2020 para peserta didik baru diwajibkan mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Seperti di SMA Muhamadiyah 1 Kota Tujuan dari Giat tersebut salah satunya agar siswa baru dapat beradaptasi dengan lingkungan sekolah. Desa Kota Bangun Ulu Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara, jumat, (12/7/2019)

Guna mencapai tujuan tersebut, sebagai Satuan Komando Kewilayahan, Koramil 06/Kota Bangun jajaran Kodim 0906/Tgr, Sertu Harli turut berpartisipasi dalam kegiatan MOS (Masa Orentasi Sekolah) yang diwujudkan dalam bentuk melatih Peraturan Baris Berbaris (PBB),

jumlah 138 siswa/siswi SMA Muhamadiyah 1 Kota Bangun terdiri dari 138 siswi mendapat Wawasan ke Bangsaan dan pelatihan PBB dari Babinsa Koramil 06/Kota Bangun

Sertu Harli secara bergantian memberikan materi latihan dasar PBB kepada para siswa, meliputi gerakan di tempat, gerakan berjalan dan penghormatan. Selama latihan, ketiga anggota Koramil 06/Kota Bangun tersebut tidak bosan memberikan koreksi sekaligus membenahi para siswa/siswi yang gerakannya kurang tepat/salah.

Selain materi PBB, Babinsa juga memberikan pemahaman wawasan kebangsaan bagi peserta didik baru. Materi Pancasila menjadi pokok bahasan dalam kegiatan tersebut, dengan titik berat pada pengamalannya. Seperti sikap toleran dan saling menghormati antar pemeluk agama dan keyakinan yang sangat beragam dan lain-lain.

Di akhir kegiatan, Babinsa juga memberikan materi bela negara bagi para peserta didik baru. Dijelaskannya, bahwa bela negara merupakan hak sekaligus kewajiban bagi setiap warga negara. Melalui bela negara dapat mewujudkan kehidupan masyarakat yang tertib, aman dan damai serta untuk menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI.

Sementara Kepala Sekolah SMA Muhamadiyah 1. H. Abil Hasan Sag, saat membuka kegiatan, diantaranya menyampaikan, kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) ini dilaksanakan dengan tujuan agar para siswa peserta didik baru dapat beradaptasi dengan lingkungan sekolah, mengenal potensi siswa, memotivasi siswa untuk belajar, dan membantu siswa untuk berinteraksi dengan siswa lainnya atau warga sekolah.

Tak lupa ucapan terima kasih juga disampaikan Kepala Sekolah atas kesediaan waktu para Babinsa Koramil untuk hadir dan memberikan materi PBB, kedisiplinan dan wawasan kebangsaan bagi peserta didik baru di SMA Muhamadiyah 1 Kota Bangun.

Penulis : Fram
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.