Babinsa Koramil 406-09/Terawas Bantu Petani kendalikan Hama Tikus

Spread the love

Jurnalline.com, Musirawas – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 406-09/Terawas Kopda Lamuji turut mengikuti kegiatan gerakan Pengendalian Hama Terpadu (PHT) tikus sawah oleh Kelompok Tani Arya Karya di Desa Sukakarya Kecamatan Suku Tengah Lakitan (STL) Ulu Terawas Kabupaten Musirawas.

Tikus sawah adalah salah satu jenis hama pada tanaman padi yang dapat mengakibatkan kerugian besar dan meresahkan para petani, sehingga Babinsa berkoordinasi dengan Petugas Pertanian Lapangan (PPL) mendampingi Kelompok Tani (Poktan) untuk pembrantasan hama tikus semenjak menjelang masa tanam sampai dengan panen padi.

Babinsa Desa Suka Karya Kopda Lamuji mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mengurangi serangan sejumlah hama di sawah khususnya hama tikus, dikarenakan serangan hama tikus sering kali terjadi setiap musim tanam padi. “Kegiatan ini dinilai efektif memberantas tikus yang menyerang tanaman padi di persawahan petani. Selain menggunakan musuh alami dari tikus itu sendiri yang berupa burung hantu dan ular sawah, karena populasi perkembang biakan tukus sangat cepat sekali”, ujar Lamuji.

Terkait hal itu, tambahnya, peran serta TNI AD khususnya Babinsa, memburu hama tikus merupakan pendampingan kepada petani, sebagai tindak lanjut kerjasama antara TNI dengan Kementrian Pertanian sebagai upaya meningkatkan ketahanan pangan nasional. “Selain itu, keikutsertaan Babinsa juga sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan petani demi tercapainya program pemerintah dalam hal ketahanan pangan nasional”, imbuhnya.

Penulis : Fram
Editor : Fay
Sumber : Penrem 044/Gapo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.