Bacakan Amanat Panglima TNI, Danlantamal VIII Pimpin Upacara 17-an

Spread the love

Jurnalline.com, SulawesiUtara – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut VIII (Lantamal VIII) menggelar Upacara Bendera 17-an di Lapangan Markas Komando (Mako) Lantamal VIII Jalan Yos Sudarso No.1 Kairagi Weru Kecamatan Pall Dua Manado. Selasa (09/07/2019) diawali dengan penaikan Bendera Merah Putih, dilanjutkan pembacaan Pancasila, pembacaan UUD’1945, pembacaan Panca Prasetia Korpri, dan pengucapan Sapta Marga.

Upacara tersebut dipimpin langsung Komandan Lantamal VIII (Danlantamal VIII) Laksamana Pertama TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta, M.Mar., Stud.

Membacakan amanat Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P menyampaikan bahwa TNI harus memelihara dan memperkuat persatuan dan kesatuan Bangsa. Persatuan dan kesatuan merupakan modal utama bangsa Indonesia, mengingat ke-bhinneka-an yang kita miliki. Tidak salah bila para pendiri Negara ini menetapkan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan Bangsa Indonesia.

“Salah satu hal yang mendasar dalam keberhasilan tugas pokok adalah sumber daya manusia yang mendukung.” Tutur Panglima

Lanjut Danlantamal, Sebagai alat pertahanan negara, TNI membutuhkan prajurit-prajurit yang profesional. “Profesional seorang prajurit itu hanya akan bisa dicapai bila setiap prajurit terdidik dan terlatih dengan baik.” tegasnya

Lebih jauh disampaikannya kepada para prajurit agar Terdidik dan terlatih Untuk melaksanakan setiap tugas yang menjadi tanggung jawabnya, Terlebih tantangan yang akan kita hadapi di masa mendatang akan semakin kompleks.

“Tanamkan nilai-nilai budaya bangsa yang luhur dalam kehidupan keluarga, Keluarga adalah aset bangsa dan negara serta tempat generasi muda menerima pendidikan awalnya, Keluarga yang baik akan melahirkan generasi yang siap menghadapi persaingan global yang semakin ketat. Pengaruh buruk globalisasi hanya akan dapat dihadapi bila keluarga memiliki ikatan yang kuat dan harmonis,” ujar Danlantamal mengutip Arahan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P

Turut hadir Wadan Lantamal VIII Para Asisten Danlantamal VIII, Kepala Dinas dan Kepala Satuan Kerja serta Komandan Lantamal VIII, diikuti seluruh personel dari Mako Lantamla VIII, Satrol Lantamal VIII, Rukital dr. Wahyu Slamet, dan Yonmarhanlan VIII Bitung.

Penulis : EffendyIskandar
Editor : Fay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.