BKKBN Malut Peringati Harganas ke-XXVI

Spread the love

Jurnalline.com, Sofifi (Maluku Utara) – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) perwakilan Maluku Utara, menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXVI, di halaman Kantor Perwakilan BKKBN Malut, di Sofifi, Minggu (29/6).

Sambutan Kepala BKKBN yang dibacakan kepala perwakilan BKKBN Malut Drs.Putut Riyatno M.Kes, menyampaikan bahwa Harganas yang ditetapkan pada 29 Juni memiliki kisah yang dalam. Kala itu, pada tahun 1949 para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia kembali berkumpul dengan sanak keluarga setelah berbulan-bulan lamanya bergerilya di hutan untuk melawan tentara kolonial Belanda. Para pejuang ini merasa senang bertemu dengan keluarganya di kampung halaman wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Olehnya itu, ia mengingatkan di momentum peringatan Harganas 2019 ini penting untuk dijadikan tonggak mengimplementasikan 8 fungsi keluarga secara seksama dan konsisten.

8 delapan fungsi yang dimaksud adalah Fungsi Agama, Fungsi Cinta Kasih, Fungsi Sosial Budaya, Fungsi Perlindungan, Fungsi Reproduksi, Fungsi Sosialisasi/Pendidikan, Fungsi Ekonomi, dan Fungsi Pelestarian Lingkungan.

”Apabila fungsi-fungsi tersebut dapat dilaksanakan dan diterapkan oleh setiap anggota keluarga secara sungguh-sungguh dan konsisten maka akan tercipta keluarga yang harmonis bahagia dan sejahtera,”harapnya

Tema yang diangkat pada Harganas 2019 ini yakni “Hari Keluarga, Hari Kita Semua” dengan slogan “Cinta Keluarga, Cinta Terencana”. Tema ini kata dia sesuai dengan kondisi keluarga Indonesia saat ini, dimana institusi keluarga sebagai persemaian nilai-nilai luhur bangsa dan wahana pertama dalam pendidikan karakter, kurang mendapat tempat yang baik di kalangan para keluarga.

”Setiap anggota keluarga masing-masing sibuk dengan urusan dan aktivitasnya, sehingga kesempatan berkumpul dan salin menyayangi menjadi kurang bermakna,”ujarnya

Ia menegaskan, secara kelembagaan BKKBN akan terus berinovasi untuk menciptakan program-program yang inovatif yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat. Hal ini disamping sebagai tuntutan Undang-Undang, juga dalam rangka mengantisipasi perkembangan lingkungan strategis yang semakin cepat berubah.

Mengakhiri sambutannya, orang nomor satu di BKKBN ini mengucapkan terimakasih kepada Gubernur beserta jajaran, Bupati/walikota beserta perangkatnya, Camat, Lurah/kepala Desa, para kader, para pimpinan organisasi profesi, ketua tim penggerak PKK, dan seluruh stakeholder yang telah mendukung dan bahu-membahu dalam mensukseskan program kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

”Tanpa mereka BKKBN tidak ada apa-apanya, oleh karena itu kita patut bersyukur dan berterima kasih kepada mereka,”pungkasnya

Diketahui, selain upacara yang di laksanakan di Sofifi Ibu Kota Provinsi Maluku Utara, rangkaian acara jalan sehat juga rurut meramaikan peringatan Harganas ke XXVI 2019 Di Ternate pada Minggu (30/6) pagi

Penulis : Wahyudi Yahya
Editor : Fay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.