Peduli Lingkungan, TNI-Polri dan Masyarakat, Nyemplung Bareng di kali Rompang

Spread the love

Jurnalline.com, Banyumas – Ratusan personel gabungan TNI, Polri, bersama pemerintah kecamatan dan desa Sokaraja, masyarakat serta organisasi kemasyarakatan, nyemplung bareng bersihkan kali (sungai) Rompang Sokaraja, Selasa (30/7/2019) di Makorem 071/Wijayakusuma Sokaraja, Banyumas.

Kali Rompang yang daerah aliran sungainya tepat berada dibelakang ksatrian Makorem 071/Wijayakusuma dibersihkan mulai dari belakang pasar Sokaraja hingga Desa Kalibagor tersebut kondisinya sebelum dibersihkan sangat memprihatinkan. Banyak kotoran limbah rumah tangga di sepanjang aliran sungai tersebut, hal ini membuat Korem 071/Wijayakusuma bergerak cepat mengatasi pencemaran lingkungan.

Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Kav Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Han., melalui Kasiterrem 071/Wijayakusuma Letkol Inf Sapto Broto, S.E., mengatakan, kegiatan karya bakti kali ini semata-mata melaksanakan program serbuan teritorial, untuk mempelopori kepedulian lingkungan membersihkan saluran air sungai Rompang.

Dikatakan, sebagai prajurit kewilayahan, Korem 071/Wijayakusuma merasa terpanggil untuk turut berperan aktif dan bertanggungjawab atas kebersihan lingkungan sekitar. “Kegiatan yang kita lakukan ini, wujud nyata TNI dan Polri bersama masyarakat dalam membantu menciptakan kebersihan lingkungan baik disekitar ksatrian maupun ditengah lingkungan masyarakatnya”, terangnya.

Ditambahkannya, sinergitas TNI, Polri dan masyarakat dalam kegiatan bersih-bersih sungai Rompang untuk memotivasi dan menghimbau masyarakat agar turut serta peduli dengan lingkungannya. Sehingga dengan hal ini, masyarakat akan sadar dan tidak membuang sampah sembarangan di sungai. “Sungai Rompang merupakan sumber penghidupan masyarakat sekitar, karena sungai ini berfungsi untuk mengaliri air ke lahan-lahan warga yang dilalui. Apabila sungai Rompang ini kotor, tanaman padi atau tanaman lainnya dapat gagal panen dikarenakan airnya kotor dan terkontaminasi limbah. Karenanya, kami berharap kepada segenap warga masyarakat disekitar daerah aliran sungai Rompang ini, jangan membuang sampah atau limbah lainnya ke sungai, buanglah sampah pada tempatnya. Sungainya bersih, airnya sehat, masyarakatnya sejahtera, baik sejahtera materiil maupun sehat jasmani”, ungkapnya.

Penulis : Fram/Dp
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.