DPPKB OKI Siapkan Armada Penyuluhan KB

Spread the love

Jurnalline.com, Kayuagung OKI (Sumsel) – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Ogan Komering Ilir, tahun ini anggarkan pengadaan sepeda motor bagi Koordinator Keluarga Berencana dan Petugas Lapangan Keluarga Berencana/Penyuluh Keluarga Berencana (PLKB/PKB) di Kecamatan.

Kepala Dinas PPKB Alhadi Nasir melalui Kasi Bina Ketahanan Remaja Taufik Septriawan mengatakan, pihaknya mengalokasikan Rp320 Juta untuk pembelian 16 unit motor dengan harga Pagu Rp20 Juta/unit.

Kendati tidak merinci, ia mengaku harga yang ditawarkan produsen kendaraan bermotor roda dua ini dibawah harga pagu, dengan total keseluruhannya hanya Rp313,2 juta.

“Harga yang kita dapatkan melalui PT Thamrin Brothers lebih rendah, sekitar 16 juta rupiah per unit,” terangnya Rabu (7/8/2019).

Taufik mengatakan, harga tersebut sudah termasuk biaya custom dan komponen pendukung lainnya seperti Boks dan sejumlah sticker sesuai dengan juknis pengadaan motor ini sendiri.

“Berbeda warna dengan motor lainnya, khusus motor ini menggunakan warna biru, yang dilengkapi logo berbentuk stiker,” terangnya.

Dengan tersedianya fasilitas “kuda besi” bertenaga 108,2 silinder ini, ia berharap dapat lebih memicu semangat kerja. Ia menyebut, penyuluh merupakan ujung tombak pengelola KB di lini lapangan.

“Bila dilihat dari tugas dan jabatannya, para penyuluh KB adalah juru penerang, pada keluarga dan masyarakat luas menuju perubahan. Selain itu, peran penyuluh merupakan salah satu komponen penting dalam upaya peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat

Pengadaan motor ini sendiri, akan digunakan petugas melakukan pendampingan dan pelayanan program KB hingga pelosok desa.

“Saat ini kami masih menunggu sejumlah dokumen kepemilikan kendaraan, hingga dapat dibagikan,” tuntasnya.

Penulis : Salim
Editor : Fay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.