Dua Kapal Eskorta Koarmada II Amankan Lokasi Terbakarnya KM. Santika Nusantara

Spread the love

Jurnalline.com, Koarmada II. Surabaya – Berdasarkan perintah Panglima Koarmada II, Laksda TNI Mintoro Yulianto, S. Sos., M.Si, dua buah kapal perang yakni KRI Ahmad Yani atau AMY-351 dan KRI Karel Satsuit Tubun atau KST-356 tetap melaksanakan patroli di lokasi KM. Santika Nusantara yang terbakar pada (22/8) lalu di perairan Tenggara Pulau Masalembo.

Usai tiba pada Sabtu (24/8) dini hari, kedua KRI tersebut segera melakukan patroli di sekitar lokasi kebakaran, sebab saat ini bangkai KM. Santika Nusantara sudah tidak nampak lagi, diperkirakan tenggelam dan terbawa arus laut.

“Operasi pengamanan ini kita laksanakan dengan tujuan menjamin keamanan navigasi di laut. Artinya jangan sampai bangkai KM. Santika Nusantara menjadi bahaya navigasi bagi pengguna laut akibat posisi kapal tersebut yang belum diketahui secara pasti setelah terbakar habis “, terang Komandan KRI KST-356 Kolonel Laut (P) Lukman Kharis.

Lukman juga menambahkan bahwa selain melakukan pengamanan navigasi laut, KRI KST-356 dan KRI AMY-351 juga melaksanakan pencarian dan penyelamatan terhadap korban yang dikhawatirkan masih ada, baik dalam kondisi hidup maupun meninggal dunia.

” Meski seluruh penumpang yang berjumlah kurang lebih 362 orang telah berhasil di evakuasi ke Surabaya, kami tetap melakukan pencarian terhadap korban lainnya yang dikhawatirkan masih ada “, pungkas Lukman.

Rencananya kedua KRI tersebut akan tetap melaksanakan patroli untuk memastikan lokasi bangkai KM. Santika Nusantara, sebelum menerbitkan lokasi kerangka kapal guna menjamin keamanan navigasi bagi pengguna laut.

Penulis : Fram/Khanza
Editor : Ndre
Sumber : Dinas Penerangan Koarmada II

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.