Gubernur Membuka Musrenbang RPJMD Provinsi Maluku Utara

Spread the love

Jurnalline.com, Ternate (Maluku Utara) – Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) RPJMD Tahun 2019-2024 provinsi Maluku Utara resmi dibuka oleh Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba, Lc bertempat dihotel Grand Dafam Ternate, Rabu (21/8).

Dalam sambutan pembukaan gubernur mengatakan, agenda Musrembang merupakan satu rangkaian dalam proses penyusunan RPJMD 2019-2024 kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Maluku Utara periode 2019-2024 sekaligus merupakan acuan dasar dalam melaksanakan program-program pembangunan selama lima tahun kedepan dapat terlaksana.

“Saya memberikan apresiasi kepada tim penyusun dokumen RPJMD Provinsi Maluku Utara tahun 2019-2024 ini, beserta semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam penyusunan dokumen RPJMD.” Ujar AGK.

Lebih lanjut Gubernur mengatakan, pelaksanaan Musrembang RPJMD Provinsi Maluku Utara Tahun 2019-2024 merupakan agenda strategis dalam rangka penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, dan program pembangunan daerah lima tahunan yang telah dirumuskan dalam rancangan awal RPJMD.

“Untuk lima tahun kedepan, kami telah menetapkan Visi dan Misi sebagai target utama pencapaian program dan kegiatan, yaitu dengan visi Maluku Utara SEJAHTERA 2024.”

Selain itu, gubernur juga mengingatkan bahwa tantangan pembangunan yang kita hadapi lima tahun kedepan tidak ringan. Tantangan ini harus dapat diatasi secara proporsional melalui perencanaan pembangunan jangka menengah yang matang. Untuk itu, implementasi visi dan misi serta program pembangunan di setiap perangkat daerah diharapkan dapat menjawab dinamika dan tantangan pembangunan di daerah ini.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Provinsi Maluku Utara Samsuddin Kadir dalam laporannya mengatakan, sebelum dilaksanakan Musrenbang RPJMD, beberapa tahapan telah dilalui, antara lain penyusunan teknoklatik RPJMD Provinsi Maluku Utara 2019-2024 yang disusun tahun 2018 sebelum penetapan gubernur dan wakil gubernur Maluku utara terpilih oleh KPU, pembahasan dengan perangkat daerah, pelaksanaan konsultasi publik rancangan awal RPJMD pada tanggal 13 juni 2019, pembahasan ranwal RPJMD dengan DPRD tanggal 1 juli 2019, rapat konsultasi dengan Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri 5 juli 2019 serta verifikasi dan singkronikasi perangkat daerah dengan ranwal RPJMD Provinsi Maluku Utara 2019-2024.

Pelaksanaan Musrenbang ini lanjut Syamsudin juga sesuai dengan Permendagri No. 86 Tahun 2017. Tujuannya adalah untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan sasaran strategi amanah arah kebijakan dan program pembangunan daerah yang telah dirumuskan dalam rancangan awal RPJMD Provinsi Maluku Utara Tahun 2019-2024.

Turut hadir dalam acara Musrenbang Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah III Dr. Eduard Singalingging, M.Si, Forkompimda Provinsi Maluku Utara, Wakil Walikota Abdullah Tahir, Instansi Vertikal serta Pimpianan SKPD Provinsi Maluku Utara dan Kepala Bappeda Kabupaten/Kota se Provinsi Maluku Utara.

Penulis : Dhie
Editor : Fay
Sumber : Hms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.