Idul Adha Untuk Bangun Solidaritas Dan Kepedulian Sesama

Spread the love

Jurnalline.com, Adi soemarmo – Bertempat dilapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo, keluarga besar umat Islam Lanud Adi Soemarmo, Depohar 50 serta warga sekitar melaksanakan Sholat Iduladha 1440H/2019M. Minggu (11/8).

Selaku Imam dan khotib dalam pelaksanaan Sholat Iduladha 1440H/2019M kaliini Ustadz Akhmad Syaifudin, S.Pd.I. Dalam sambutan Komandan Lanud Adi Soemarmo Kolonel Pnb Adrian P. Damanik, S.T. yang dibacakan oleh kepala Dinas Operasi Letkol Nav Ali Sudirman Pasaribu, S.H. mengatakan Iduladha yang juga sering kita sebut dengan Idul Kurban, mempunyai makna yang sangat mendalam bagi umat muslim, antara lain
diperintahkannya umat Islam untuk menyembelih hewan kurban sebagai ibadah dan ungkapan rasa syukur terhadap nikmat yang diberikan Allah SWT kepada umat-Nya.

Selain itu juga mempunyai makna sosial, yaitu tumbuhnya rasa solidaritas dan kepedulian sesama umat muslim yang berkecukupan kepada yang membutuhkan, tutur Danlanud.

Danlanud Adi Soemarmo juga mengatakan, dengan peringatan Iduladha ini, dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan, serta kepedulian sosial baik sesama muslim, maupun antar umat beragama yang dilandasi keimanan dan ketaqwaan.

Diakhir sambutannya Danlanud Adi Soemarmo mengajak semua yang hadir, untuk menyimak bersama ceramah yang akan disampaikan oleh Ustadz Akhmad Syaifudin, S.Pd.I. “Semoga apa yang disampaikan akan membawa kita menjadi orang-orang yang bertaqwa dan dapat memberikan nilai tambah dalam kehidupan kita,” demikian harapan Danlanud Adi Soemarmo.

Sedangkan Ustadz Akhmad Syaifudin, S.Pd.I., dalam ceramahnya menyampaikan, kisah agung keluarga Nabi Ibrahim bisa dijadikan teladan bagi kita umat Islam dalam menanamkan tauhid kepada Allah SWT, antara lain pertama Kematangan berpikir sehingga bisa diajak berdialog dan dimintai pendapat, kedua Kematangan jiwa untuk menerima dan melaksanakan perintah yang berat dan ketiga yaitu semangat berusaha dan berjuang untuk
melanjutkan kelangsungan hidup dan perjuangan menyebarkan dan menegakkan nilai-nilai kebenaran. Dalam peringatan Idul kurban, panitia Lanud Adi Soemarmo berhasil mengumpulkan
hewan kurban sebanyak 5 ekor sapi dan 26 ekor kambing, adapun pelaksanaan penyembelihan hewan kurban dilaksanakan di Halaman Masjid Al Furq’on Komplek Radar Lanud Adi Soemarmo.

Penulis : Fram
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.