Pangdam XIII/Merdeka Serahkan Hewan Kurban Kepada Panitia Idul Adha

Spread the love

Jurnalline.com, Sulawesi Utara – Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang menyerahkan hewan kurban kepada panitia Idul Adha bertempat di Lapangan Upacara Kodam XIII/Mdk, Manado, Minggu (11/8/2019).

Bertindak Khatib pada Kegiatan Shalat Ied 1440 Hijryah tahun 2019, KH Abd Rahman Latukau LC sedangkan Imam Letkol Inf Andi Padupai,

Pangdam XIII/merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang, mengatakan bahwa dengan penyembelihan hewan kurban, suatu simbol atau bentuk keikhlasan umat manusia agar senantiasa mendekatkan diri kepada Sang Maha Kuasa, sekaligus mempererat tali persaudaraan dengan sesama umat manusia dan semangat solidaritas.

“Tuhan Maha Kaya, sehingga sama sekali tidak memerlukan kurban dari makhluk ciptaan-Nya, karena yang dinilai dari penyembelihan hewan kurban ini semata-mata hanyalah keikhlasan dari umat manusia untuk berbagi dengan sesamanya.” Ujar Pangdam

Seusai pelaksanaan Sholat Idul Adha 1440 H Kodam XIII/Mdk melanjutkan dengan pemotongan hewan kurban dan dibagikan kepada kaum duafa panti asuhan dan kepada jamaah yang melaksanakan kurban, pada kesempatan kali ini Makodam XIII/Mdk melaksanakan penyembelian hewan kurban sebanyak dua ekor sapi dan enam ekor kambing.

Ditempat yang sama Kapendam XIII/Mdk Kolonel Kav M Jaelani menyampaikan bahwa Banyak hikmah yang bisa dipetik dari perayaan Idul Adha seperti ini, di samping untuk memupuk rasa kepedulian kita terhadap sesama umat muslim, kita juga telah ikut membantu untuk membahagiakan saudara-saudara kita yang kurang mampu pada Hari Raya Idul Adha kali ini.

“Kegiatan ini juga sebagai bukti rasa syukur terhadap nikmat yang telah dilimpahkan oleh Allah SWT, maka diwajibkan bagi umat muslim yang merasa mampu untuk melaksanakan ibadah kurban,” tutup Kapendam.

Turut hadir 3000 jamaah, jajaran anggota kodam, Kasdam XIII/Merdeka, Irdam dan Kapok Sahli Pangdam XIII/ Merdeka beserta Staf, masing-masing beserta istri, para Asisten, Kabalak beserta para jamaah masjid Nurul Birri Kodam XIII/Merdeka.

Penulis : EffendyIskandar
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.