Kapal Selam-3/ Alugoro – 405 Segera Perkuat Armada TNI AL

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Kapal Selam-3/Alugoro-405 secepatnya akan memperkuat jajaran Armada TNI Angkatan Laut. Hal tersebut terungkap saat kapal selam ini ditinjau oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P, didampingi Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M., di Galangan Kapal PT PAL (Persero), Surabaya, Kamis (8/8).

Kapal Selam-3/Alugoro-405 merupakan kapal selam ketiga yang dibangun dengan skema alih teknologi (Transfer of Technology) antara Daewoo Shipbuilding Marine and Engineering (DSME) Korea Selatan dengan industri pertahanan dalam negeri PT PAL Surabaya. Seperti yang telah diketahui sebelumnya, saat ini TNI Angkatan Laut telah diperkuat oleh dua kapal selam sejenis, yakni KRI Nagapasa-403 pada tahun 2017 dan KRI Ardadedali-404 pada tahun 2018.

Nama Alugoro diambil dari nama sebuah senjata pemukul yang dimiliki oleh tokoh pewayangan Prabu Baladewa, senjata tersebut berupa gada yang digunakan oleh para ksatria atau bangsawan lainnya. Kekuatan senjata ini adalah dengan sekali pukul dapat menghancurkan kepala orang yang dipukulnya. Senjata ini dianggap sakti karena pemberian dari Dewa yaitu Batara Guru, sebagai hadiah pada waktu Baladewa menikah dengan Dewi Erawati.

Kapal Selam-3/ Alugoro – 405 memiliki panjang 61,3 meter dengan kecepatan ± 21 knot di bawah permukaan air, mampu berlayar lebih dari 50 hari dan dapat menampung lebih dari 40 kru kapal ditambah dengan satu tim pasukan elit TNI AL untuk menunjang fungsi operasinya.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.