TNI AL Gelar Karya Bakti Perbatasan Wilayah di Rote Ndao

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – TNI Angkatan Laut dalam hal ini Dinas Pembinaan Potensi Maritim Markas Besar Angkatan Laut (Dispotmar Mabesal) menggelar acara puncak, Karya Bakti Perbatasan Wilayah (Karbak Wiltas) tahun 2019 yang dibuka Kadispotmar Brigadir Jenderal TNI Marinir Donar Philip Rompas, di Desa Papela, Kelurahan Londalosi, Kecamatan Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kamis (8/8).

Kadispotmar dalam kesempatan itu antara lain mengatakan, bahwa kegiatan karya bakti TNI AL ini sebagai upaya dalam mendukung program pembangunan daerah perbatasan dengan pendekatan kesejahteraan (prosperity approach) untuk mengangkat taraf kehidupan masyarakat setempat dan pendekatan keamanan (security approach) yang diperlukan guna terciptanya stabilitas politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan sehingga memungkinkan terwujudnya masyarakat Indonesia di perbatasan yang memiliki wawasan kebangsaan, cinta tanah air dan peningkatan kesejahteraan.

Di samping itu, kegiatan dengan Komandan Satuan Tugas (Dansatgas), Kolonel Laut (P) Budi Mulyadi itu diselenggarakan guna meningkatkan ketahanan wilayah dan mendukung program pemerintahan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah kerja Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Rote khususnya desa pesisir yang telah dilaksanakan sejak tanggal 19 Juli sampai dengan 9 Agustus 2019 dengan melibatkan sebanyak 80 personel TNI Angkatan Laut.

Dalam kegiatan ini dilaksanakan pembangunan sasaran fisik, yakni renovasi Masjid Mujahidin, Masjid Al Bahri dan Gereja Santo Petrus serta fasilitas umum berupa pembuatan tempat penjualan ikan, pembuatan bak penampungan air bersih, pembuatan bak tempat sampah, serta renovasi MCK. Sedangkan untuk kegiatan sasaran non fisik, yakni kegiatan bersih-bersih pantai, kegiatan penyuluhan tentang wawasan kebangsaan, wira usaha, kesehatan dan penanggulangan bencana, dilanjutkan dengan pemutaran film dokumenter profil TNI AL, serta layanan kesehatan umum dan khitanan massal.

Selanjutnya Kadispotmar juga mengungkapkan bahwa seluruh kegiatan ini dapat terlaksana berkat koordinasi dan kerjasama yang baik antara Tim Satgas Dispotmar Mabesal, Satkowil TNI AL, Pemda dan masyarakat setempat. “Oleh karenanya kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini, saya mengucapkan terima kasih, semoga kerjasama yang telah berjalan ini dapat terus kita pertahankan dan tingkatkan demi Indonesia Jaya”, ungkapnya.

Diakhir kegiatan puncak Karbak Wiltas 2019 tersebut dilaksanakan penandatanganan prasasti, menyaksikan Tarian Gong Roda Papela asal Pulau Rote dan peninjauan ke Masjid Mujahidin, penampungan air bersih, MCK dan lain lain.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.