Kasal Jadi Pembicara Seminar Nasional Sejarah Majapahit

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., hadir sebagai pembicara dalam Seminar Nasional yang mengangkat Sejarah Majapahit di Museum Nasional Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Jakarta Pusat, Kamis, (29/8).

Seminar ini mengangkat tema “Refleksi Kejayaan Negara Agraris, Maritim dan Demokrasi Deliberatif, Dahulu, Kini dan Masa yang Akan Datang”.

Kasal dalam paparannya yang berjudul, “Dinamika dan Peran Indonesia Dalam Membangun Peradaban Maritim Dunia”, antara menyampaikan bahwa, laut bukanlah sebatas sebagai sumber kehidupan, namun juga memiliki kesadaran bahwa siapa yang mampu menghadirkan unsur kekuatannya di laut, baik armada kapal perang maupun kapal niaga, akan tampil pada tampuk kejayaan, bahkan dapat memegang hegemoni kekuasaan atas negerinya.
“Kerajaan Majapahit telah mengembangkan potensi kemaritimannya guna mengokohkan hegemoni di bidang perdagangan dan politik. Untuk itu, Majapahit memberi perhatian khusus terhadap pembangunan galangan kapal yang mampu membuat kapal-kapal berukuran besar serta mengembangkannya sebagai bandar perdagangan”, ungkap Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.
Pada era sekarang, hadirnya TNI Angkatan Laut dalam mendukung kebijakan kelautan Indonesia, siap menghadapi tantangan keamanan maritim maupun melaksanakan misi diplomasi dengan mengirimkan kapal perang ke Lebanon dalam misi Maritime Task Force maupun mengirimkan KRI Bimasuci dan KRI Dewaruci muhibah ke negara-negara sahabat.

Seminar ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI bekerjasama dengan Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN). Adapun digelarnya kegiatan ini bertujuan menjadikan nilai-nilai dan pengalaman sejarah kejayaan Majapahit untuk dijadikan modal sosial bagi kemajuan bangsa Indonesia di masa depan dalam menghadapi berbagai tantangan nasional, regional, maupun global.

Selain menghadirkan Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, pada seminar yang dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P., itu hadir pula pembicara lainnya di antaranya Ir. Sutarto Alimoeso, M.M., Prof. Dr. Agus Aris Munandar, Plt. Bupati Mojokerto H.Pungkasiadi, S.H., Deputi IV Kemenko Maritim Dr. Ir. Safri Burhanuddin, DEA., serta Guru Besar UI Prof. Ir. Budi Susilo Soepandji, DEA.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kadispenal Laksma TNI M. Zaenal, S.E.,M.M., M.Soc.Sc., Kadisdikal Laksma TNI Dr. Ivan Yulivan, S.E.,M.M.,CHMRP.,M.Tr.(Han), serta Kadiskumal Laksma TNI Kresno Buntoro, S.H., L.LM., Ph.D.

Penulis : Fram/Khanza
Editor : Ndre
Sumber : Berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.