Kepedulian Koramil Penajam Terhadap Situs Bersejarah Peninggalan Jepang

Spread the love

Jurnalline.com, KOREM091(Penajam) – Dalam rangka HUT RI ke 74 segenap anggota Koramil Penajam Kodim 0913 Penajam Paser dan masyarakat sekitar ramai-ramai mendatangi situs bersejarah yang ada di RT. 06 Kelurahan Gunung Seteling Kecamatan Penajam Kabupaten PPU, berupa satu pucuk Meriam bersejarah peninggalan Jepang.

Menurut keterangan dari tokoh masyarakat Kelurahan Gunung Seteling Bapak Waliyah (75) tahun menjelaskan bahwa Meriam tersebut telah ada sejak lama dan merupakan benteng pertahanan Jepang di wilayah Penajam dengan moncong mengarah ke Laut Balikpapan, terangnya, Selasa (13/8/2019).

“Sebenarnya ada 4 pucuk Meriam yang ada di wilayah Balikpapan Seberang (Sekarang Penajam), 2 pucuk Meriam di angkat dan sudah terpasang di halaman Makodam VI/Mulawarman (Mlw), satu pucuk berada di Gunung Haji RT.06 Gunung Seteling telah dipotong potong oleh masyarakat dan Satu Pucuk Meriam berada di RT.06 Gunung Seteling yang saat ini dilakukan pengecatan dan pemeliharaan,”Ungkap Waliyah.

Waliyah berharap “Kepada Koramil Penajam dan aparat terkait lainnya agar Meriam yang ada di RT.06 Gunung Seteling ini jangan dipindahkan ketempat lain karena merupakan bukti sejarah gunung Seteling untuk anak cucu mereka”, pintanya.

Sementara itu Danramil Penajam Kapten Inf Imam Syafi’i dalam sambutannya kepada seluruh masyarakat yang hadir pada kegiatan kerja Bhakti pembersihan serta pengecatan Meriam tersebut menyampaikan, ”Agar semua masyarakat PPU turut serta memelihara dan merawat situs bersejarah peninggalan Jepang yang berupa Meriam yang ada di RT.06 Gunung Seteling ,karena ini merupakan satu-satunya bukti yang masih ada di Wilayah Kab PPU ,” Ujarnya.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Penrem 091/ASN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.