KJK AAL Angkatan Ke-66 Tiba Di Filipina.

Spread the love

Jurnalline.com, Filipina – Satuan Tugas Kartika Jala Krida (Satgas KJK) Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) tingkat III angkatan ke-66 tahun 2019 tiba di Filipina, Senin (12/8).

Satgas KJK Taruna AAL tingkat III angkatan ke-66 tahun 2019 yang berlayar dengan menggunakan KRI Bimasuci-945 sejak tanggal 5 Agustus 2019 dari Dermaga Koarmada 2 Ujung Surabaya ini, kedatangannya di Filipina langsung disambut baik oleh pihak KBRI dan Athan Filipina, yaitu Kolonel Marinir Reza dari Athan, Mayor Kesehatan Indra Lesmana dari Athan, Letkol PM Sigit Hermawan dari KBRI dan didampingi pihak Angkatan Laut Filipina CDR Jeffrey A Magbanua PN dari N7 Deputy.

Sedangkan dari Pihak Satgas KJK, Komandan Satgas KJK Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M.Tr (Hanla) yang juga selaku Komandan KRI Bimasuci, Palaklat KJK Letkol Laut (P) Afrillian S, M.Tr. Hanla., M.M. dan para perwira, personel staf latihan dan Taruna AAL.

Dalam sambutan Komandan Satgas Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M.Tr (Hanla) mengatakan, seperti yang kita tahu bahwa di Asean, mempunyai banyak issue terutama di bidang sektor maritim seperti pembajakan dan klaim
wilayah. “Dengan motto kami, Maritime Fulcrum Brotherhood, misi KJK akan meningkatkan pertemanan dan lebih mengerti antar negara di ASEAN”.

“Kerjasama pertahanan antara TNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut Filipina yang sudah berlangsung lama, utamanya di sektor pelatihan dan pembekalan militer, kunjungan pejabat resmi, kunjungan kapal serta kerjasama industri pertahanan,” kata Komandan menegaskan.

Ditambahkan, kerjasama tersebut adalah bagian dari komitmen Indonesia untuk berpartisipasi dalam menjaga keamanan di wilayah Asia Tenggara dimana. Fokusnya adalah mendukung tugas perdamaian, menjaga batas negara dan keamanan maritim.

“Selama pelayaran selama 7 hari dari Surabaya menuju Manila, menemui ombak yang sedikit tinggi, namun itu bukan masalah karena laut yang tenang tidak dapat menjadikan pelaut yang handal”, kata Komandan mengungkapkan.

Tidak lupa, Komandan Satgas mengucapkan, rasa terimakasih yang sebesar-besarnya, atas ucapan selamat datang dan sambutan baik dari pihak Manila, baik oleh pihak KBRI maupun Athan Filipina.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Kabagpen AAL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.