Yayasan Hang Tuah Gebyar Penyembelihan Hewan Qurban

Spread the love

Jurnalline.com, Surabaya –
Di hari kedua ‘Idul Adha 1440 H bertepatan Senin, (12/8) Satuan Pendidikan di bawah naungan Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya secara bersamaan melaksanakan pemotongan hewan qurban yang berlangsung di sekolah masing-masing. Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya Drs. SD Seputra, S.K.M., M.M menyebutkan bahwa sekolah yang menjadi binaannya secara keseluruhan melaksanakan pemotongan hewan qurban, terdiri dari 31 ekor sapi dan 41 ekor kambing, (12/8)

Satdik-satdik/ sekolah-sekolah yang melaksanakan penyembelihan hewan qurban terdiri dari SD, SMP, SMA dan SMK antara lain : TK Hang Tuah 7, SD Hang Tuah 1, SD Hang Tuah 3, SD Hang Tuah 7, SD Hang Tuah 9, SD Hang 11, SD Hang Tuah 12 , SMP Hang Tuah1, SMP Hang Tuah 2, SMP Hang Tuah 4, SMP Hang Tuah 5, SMP Hang Tuah 6 Excellent, SMA Hang Tuah 1, SMA Hang Tuah 2, SMA Hang Tuah 4, SMA Hang Tuah 5, SMK KAL-1 , SMK KAL-2 dan Staf Yayasan Hang Tuah . Penyelenggaraan penyembelihan yang di laksanakan secara serentak di satuan pendidikan YHT Cabang Surabaya ini baru dilaksanakan di hari kedua hari raya ‘Idul Qurban karena pada hari pertama jatuh pada hari Minggu dimana seluruh sekolah dalam keadaan libur.

Dari hasil pantauan yang berhasil dikumpulkan , daging hewan qurban di tiap-tiap satdik / sekolah di bagikan kepada sebagian siswa, guru, karyawan, masyarakat lingkungan sekolah serta beberapa panti asuhan / anak yatim piatu yang telah di tunjuk serta dilaksanakan makan bersama antara siswa, guru dan karyawan di sekolah masing-masing.

SMK KAL-1 yang secara langsung termonitor , melaksanakan penyembelihan hewan Qurban di halaman sekolah disaksikan Kepala Sekolah Letkol Laut (KH) Drs Burhan, M.Pd serta para Wakil Kepala Sekolah, guru , sejumlah siswa serta pengurus Osis, di sekolah lainnya mulai dari SD, SMP, SMA dan SMK KAL-2 juga terjadi hal serupa.

Penyembelehan hewan qurban memberikan pembelajaran berqurban kepada para siswa sebagaimana telah di contohkan oleh Nabi Ibrahim atas Ismail, yang intinya adalah untuk melatih kepedulian sosial, apabila kita punya kelebihan harta maka sudah seharusnya menyisihkan sebagian untuk dikorbankan dalam wujud binatang ternak dan dagingnya di bagikan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Sebagai pembelajaran kepada siswa menurut orang nomor satu di SMK KAL-1 ini bahwa “siswanya dengan sengaja diberi motifasi memupuk rasa empati kepada masyarakat lingkungannya, melatih siswa menjadi seorang dermawan, menjadikan rizki barokah, bertaqwa kepada Allah yang akan menjadi bekal di hari akhir dan utamanya untuk memupuk sikap kebersamaan , kerja sama dengan semangat persaudaraan.” Tuturnya.

Ketua Panitia Drs Parman, M.Si yang kesehariannya sebagai Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan mengutarakan dari hasil penyembelihan sapi dan kambing tersebut terkumpul 280 bungkus daging di bagikan utamanya kepada perwakilan siswa dari 21 kelas dimana di tiap tiap kelas 7 siswa, masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar sekolah, beberapa guru dan karyawan.

Penyerahan daging qurban secara simbolis di sampaikan oleh Kepala Sekolah dan ketua panitia Drs. Parman , M.Si kepada beberapa perwakilan siswa yang hadir terdiri dari perwakilan siswa Kelas X,XI dan XII.

Penulis : Fram
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.