Malut Cuaca Laut Ekstrim Semua Pihak Dihimbau Waspada

Spread the love

Jurnalline.com, Sofifi – (Maluku Utara) – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Maluku utara (Malut) menghimbau kepada semua pihak khususnya pengguna dan penyedia jasa transportasi laut agar mewaspadai cuaca ekstrim dimusim pancaroba yang dirilis BMKG. Hal ini di sampaikan Plt. Kepala Dinas perhubungan (Dishub) Malut Armin Zakaria, saat di konfirmasi diruang kerjannya, selasa (27/8).

“Dinas Perhubungan Provinsi hanya mengharapkan semua petugas selalu memberikan peringatan dan imbauan menyangkut keselamatan pelayaran. Apalagi musim pancaroba sehingga BMKG mengeluarkan rilis, termasuk Maluku utara diprediksi terdampak cuaca ekstrim dengan gelombang laut yang tinggi dan angin kencang”.ujarnya

Disampaikan, kepada masyarakat dan semua pihak pelaku transportasi laut agar mengikuti himbauan dan arahan petugas terutama para operator atau motoris dan pemilik speedboat agar  tetap waspada dan mengikuti perkembangan informasi dari BMKG.

“Mengikuti petunjuk petugas dilapangan baik dinas Perhubungan Kabupaten/Kota maupun Syahbandar yang memiliki kewenangan mengeluarkan ijin berlayar jika tidak diberikan ijin berlayar maka jangan berlayar,”ungkapnya.

Selain itu mantan Kepala Biro Protokol Kerjasama dan Komunikasi Publik Setda Provinsi Malut ini, mengingatkan kepada seluruh petugas Dishub di lapangan agar lebih ketat dalam mengontrol jumlah penumpang harus cek sesuai dengan kapasitas kapal.

“Jangan sampai demi keuntungan lupa bahwa keselamatan itu lebih penting. Biasanya kalau petugas lalai jadi over kapasitas nanti terjadi kecelakaan baru kita tahu kelebihan penumpang,”tandasnya.

Olehnya itu, Armin berharap kepada masyarakat pengguna jasa pelayaran, motoris speedboat, pemilik kapal dan pemilik speedboat agar  bersama-sama menjaga keselamatan.

Penulis : Dhie Ridwan
Editor : Fay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.