Panglima TNI Hadiri Apel Kehormatan dan Renungan Suci Sambut HUT Ke-74 Republik Indonesia

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Seperti kata pepatah “Bangsa Yang Besar Adalah Bangsa Yang Menghargai Jasa Para Pahlawannya,” Dini hari tadi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci yang dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Jumat (16/08/2019).

Apel ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia (RI).

Panglima TNI didampingi Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Nanny Hadi Tjahjanto menyambut Presiden Jokowi yang tiba sekitar pukul 23.50 WIB. Setibanya di lokasi, Presiden Jokowi langsung memasuki area TMP lewat gerbang utama.

Saat upacara berlangsung, pencahayaan di sekitar TMP Kalibata dipadamkan. Upacara juga dihadiri sejumlah pejabat negara. Para warga juga berkumpul di pinggir Jalan Raya Kalibata dan melihat dari kejauhan.

“Kami yang hadir hari ini, Sabtu 17 Agustus 2019 pukul 00.00 WIB, pada upacara mengenang jasa arwah para pahlawan nusa dan bangsa yang sudah bersemayam di taman makam pahlawan ini TNI Polri 9081 pahlawan, Badan Perjuangan 859 pahlawan, Tokoh Nasional 43 pahlawan, tidak dikenal 43 pahlawan. Jumlah total 10.026 pahlawan,” Terang Presiden Jokowi membacakan naskah apel kehormatan dan renungkan suci.

“Begitu pun pahlawan yang tidak dikenal nama dan tempatnya, di kota-kota, di dusun-dusun, di lereng-lereng gunung, di lembah-lembah ngarai, dan di dasar-dasar lautan. Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridaan, keikhlasan, kesucian pengorbanan para pahlawan demi kebahagiaan nusa dan bangsa,” tambah Presiden Jokowi.

Apel itu ditutup dengan penghormatan terakhir untuk arwah para pahlawan. Sekitar pukul 00.10 WIB, Sabtu (17/08/2019) apel tersebut selesai.

Penulis : Fram
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.