Rapat SMSI Se – Banten Bahas Syarat Verifikasi Perusahan Ke Dewan Pers

Spread the love

Jurnalline.com, Kota Tangsel – Ketua SMSI Provinsi Banten Menyampaikan ada18 Poin bagi perusahaan pers yang ingin mendaftarkan Perusahannya agar dapat diverifikasi baik secara administrasi atau faktual, ucap Junaidi dalam rapat bersama Anggota dan pengurus SMSI Se-Banten yang bertempat di RM. Bukit Pelayangan jl.Cilenggang 1 No.53 Cilenggang Kecamatan Serpong Kota Tangerang Selatan pada Kamis (22/8/2019).

“Jadi sebuah perusahaan pers itu, kalau pun sudah lengkap, tetap diputuskan di pleno sembilan orang anggota dilihat memenuhi syarat, kemudian diberi keputusan, nanti diberi sertifikat, sama seperti sertifikat ” tambah junaidi

Masih menurutnya, sebagi pimpinan redaksi harus lebih berhati hati dan memberikan kesempatan kepada nara sumber untuk membela atau hak jawab untuk kejelasan namanya itu adalah cover both dan wartawan yang berada dalam perusahan kita harus mengikuti uji kompetensi dan masuk kedalam organisasi yang sudah di akui oleh Dewan Pers, ujarnya.

” Misalkan wartawan tidak pernah memberitakan berdasar fakta apalagi kopi paste itu gak boleh, berita yang sifatnya lagi viral kemudian kita ikut ikutan naikan berita tanpa jelas subernya, itu bukan wartawan jelas. Wartawan tidak boleh berasumsi wartawan harus bersifat independen tidak boleh ada tekanan meski itu dari pemilik media, berita itu harus seimbang tugas kita itu memberitakan hal yang boleh dan layak untuk diberitakan dan didengar oleh masyarakat banyak, sebagi penyambung pilar ke empt.” tegasnya.

Dalam rapat pemembahas agenda pelaksanaan karya latih wartawan (KLW), uji kopetensi wartawan (UKW) pada tanggal 6 – 7 september 2019 mendatang di Kota Cilegon Banten, yang di hadiri Ketua SMSI Kota Tangerang Ayu Kartini, Ketua SMSI Kabupaten Tangerang Wahyu, Ketua SMSI Kota Tangerang Selatan Jumaidi Ahcmad A yang akrab di sapa Abi dan seluruh Owner Media yang tergabung dalam keanggotaan Serikat Media Siber Indonesia(SMSI).

Penulis : Fram
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.