Deklarasi Kesepakatan Damai Bersama Digelar di Kota Jayapura

Spread the love

Jurnalline.com, Jayapura – Bertempat di Lapangan Trisila Lantamal X Hamadi Distrik Jayapura Selatan telah dilaksanakan Deklarasi Kesepakatan Bersama Dalam Rangka Satu Hati Merajut Persaudaraan Untuk Membangun Kota Jayapura Sebagai Rumah Besar Bersama, Kamis (19/9).

Wadan Lantamal X Kolonel Laut (P) Eko Wahyono, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini akan menjadi tonggak sejarah bahwa ikrar perdamaian, persaudaraan dan persahabatan sebagai langkah untuk bergerak maju dan menatap masa depan bersama.

“Diharapkan dengan deklarasi kesepakatan bersama ini akan terjalin hubungan yang baik dan harmonis serta akan meningkatkan tali kasih dan persaudaraan dengan sesama. Torang semua basudara, semoga kegiatan ini mendapatkan hasil sesuai dengan yang diharapkan dan dapat diterapkan dalam suatu tindakan nyata,” ujarnya.

Kasdam XVII/Cenderawasih, Brigjen TNI Ilham Waroihan berharap kegiatan ini bisa menjadi batu loncatan untuk kedamaian di Tanah Papua.

“Damai itu indah, kita sudah merasakan pahitnya, harapan saya selaku Kasdam mari kita berbenah, harga kedamaian sangat mahal bukan hanya materi melainkan persatuan kita semua agar tidak ada lagi konflik anarkis,” ujarnya.

Wakapolda Papua, Brigjen Pol Drs. Yakobus Marjuki mengatakan, pihaknya sudah menegaskan melalui maklumat untuk tidak memperbolehkan aksi unjuk rasa demi menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat.

“Apabila ada yang masih melakukan unjuk rasa kita akan tindak tegas. Untuk itu kita akan tegas terhadap unjuk rasa demi menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, Walikota Jayapura, Benhur Tomi Mano mengajak para warga untuk kembali bersemangat dalam menjalankan aktifitas seperti biasa agar bisa bersama-sama membangun Papua.

“Kita semua bersaudara walaupun berbeda- beda tapi tetap satu, mari kita bangun Papua dengan bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bagi saudara yang terkena musibah bapak presiden sudah memerintahkan Kementerian sosial agar memberikan dana Rp 1,2 Miliar dan sudah saya salurkan ke rakyat saya untuk membantu meringankan beban,” pungkasnya.

Penulis : Fram
Editor : Fay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.