Dirdiklat Kodiklatal Tutup Tiga Program Pendidikan Perwira

Spread the love

Jurnalline.com, Kodiklatal (Surabaya) – Direktur Pendidikan dan Latihan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dirdiklat Kodiklatal) Laksma TNI Deny Septiana S.Ip., M.A.P mewakili Komandan Kodiklatal Laksda TNI Dedy Yulianto secara resmi menutup tiga program Pendidikan Perwira TA 2019 yang dilaksanakan di gedung Moeljadi Kesatrian Bumimoro Kodiklatal, (12/9).

Ketiga Program pendidikan tersebut adalah Pendidikan Lanjutan Perwira (Diklapa) TNI AL Angkatan ke-28 yang diikuti 98 orang perwira, Pendidikan Matra-2 yang diikuti 29 orang perwira dan Pendidikan Aplikasi-2 yang diikuti 29 orang perwira.

Komandan Kodiklatal Laksda TNI Dedy Yulianto dalam sambutan tertulis yang dibacakan Dirdiklat Kodiklatal mengucapkan selamat atas keberhasilan para perwira menyelesaikan pendidikan ini dengan lancar. “Khusus kepada mantan siswa Diklapa, Kapten Laut (P) Heri Bintoro Sujatmiko dari jurusan Komando Umum, saya mengucapkan selamat atas keberhasilan saudara meraih prestasi sebagai perwira siswa terbaik yang meraih penghargaan Adhi Jala Yudha,” ujar Dankodiklatal.

Lebih lanjut disampaikan, sebagai jenjang pendidikan pengembangan umum tertinggi di Kodiklatal, maka hasil didik Diklapa, Dikmatra-2 dan Dikaplikasi-2, diarahkan agar mampu mengembangkan ide-ide pemikiran yang konseptual serta mampu melaksanakan analisis permasalahan taktik dan strategik, utamanya dalam wacana keangkatanlautan.

“Dengan berakhirnya pendidikan ini, bukan berarti proses belajar para perwira telah selesai, karena apa yang diperoleh selama pendidikan di sini, masih memerlukan pengembangan dan pemantapan lebih lanjut,” ujarnya.

Penerapan penugasan di lapangan, lanjutnya, merupakan refleksi kemampuan para perwira dalam menyerap dan mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama mengikuti proses pendidikan. Dari sinilah bisa dilihat keberhasilan yang sesungguhnya dari proses pendidikan yang telah saudara jalani.

Sehubungan dengan hal tersebut, Dankodiklatal berpesan agar para perwira hendaknya memiliki kemauan untuk selalu mengembangkan diri dalam meningkatkan kualitas kemampuan sebagai pemimpin yang andal dan disegani, serta memiliki etika moral yang sesuai dengan nilai-nilai kepemimpinan, keteladanan dan keimanan kepada Tuhan YME, Allah Subhanahu Wata’ala.

Hadir dalam pembukaan tersebut para pejabat Utama Kodiklatal diantaranya Kapokgadik, para Komandan Kodik, Komandan Puslat serta Komandan Pusdik serta Komandan Sekolah di jajaran Kodiklatal.

Penulis : Fram
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.