Bandar Marga Legun Turut Meriahkan Lampung Selatan Fair Tampilkan Kearifan Lokal

Spread the love

Jurnalline.com, Lampung Selatan – Semenjak di bukanya lampung selatan fair (LSF) 2019, stand bandar marga legun ramai di kunjungi warga, kamis (12/9/ 2019).


LSF yang di mulai 8 – 14 september 2019,
Untuk stand Bandar Marga Legun Setiap malam hadir 3 paksi, paksi tengkuju serta paksi canggu dan paksi maja. Namun pada malam semarak pesta rakyat, seluruh paksi dan punggawa hadir.

Pada stand tersebut, ada pajangan ciri khas lampung, yang terdiri dari Lelangit, Lelukhokh, khutik/tikhai , payung khenik, Kumbang Mutun, Kebung, khekhedaian.

Dalom mangku bumi kepaksian tengkuju mewakili pangikhan Sangun ya bandakh II menjelaskan, Dengan berdiri nya stand marga legun kebandakhan way urang ini, untuk mengenalkan kepada warga lampung selatan, khususnya masyarakat kalianda, dapat di pahami, di mengerti oleh masyarakat, serta kedepan nya dapat di lestarikan oleh generasi penerus. “Jelas nya ”

“Tujuan dari dibukanya stand Bandar Marga Legun untuk berpartisispasi dalam acara LSF 2019, sehingga adat budaya lampung, terutama lampung selatan dapat dikenal generasi muda sehingga ke depan dapat dilestarikan”,jelas Dalom Mangku Bumi

Lebih lanjut, Dalom Mangku Bumi memamaparkan, untuk tikhai ini melambangkan kesenian, payung melambangkan gotong – royong atau kebersamaan, kebung melambangkan tempat musyawarah, kasur melambangkan bumi Salai balaian melambangkang Kesuburan.

Penulis : Samsul
Editor : Fay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.