Rasa Damai dan Berkeluarga, Dandim 0503/Jakarta Barat Berbaur Dalam Tarian Yospan Papua

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta Barat – Sempat adanya terjadi ketegangan dari saudara saudara kita di Tanah Papua yang membuat luka bangsa ini.

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Jakarta Barat yang dalam hal ini Kodim 0503/Jakarta Barat menggelar kegiatan dengan tema _”Papua adalah Kita, Bersatu Merajut Indonesia”_ yang diselenggarakan di Halaman Taman Museum Fatahillah, Kota Tua, Jakarta Barat. Jumat (6/9/19)

Dalam acara tersebut warga papua berbaur dengan masyarakat berbagai unsur elemen masyarakat, serta para anggota TNI-Polri dan Parah Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat. Kegiatan tersebut bertujuan menyerukan perdamaian buat saudara saudara kita di Tanah Papua yang terbuka untuk umum.

Lagu daerah asal Papua “Sajojo” dan “Apuse” meramaikan Taman Museum Fatahillah Kota Tua dalam acara Papua adalah Kita. Tokoh adat Papua yang hadir diantaranya Staf Khusus Presiden untuk Papua yang juga Ketua Masyarakat Adat Tanah Papua Bapak Lenis Kogoya, Mantan Wakil Gubernur Papua Barat Irene Manibuy. Juga tak ketinggalan hiburan dari artis asal Bumi Cendrawasih Edo Kondologit, Finalis Puteri Indonesia asal Papua Barat, dan Nobo Idol.

Dandim 0503/Jakarta Barat, Letkol Kav Valian Wicaksono Magdi. S, Sos dalam sambutannya mengatakan, _Papua adalah kita, bersatu merajut Indonesia._

“Meskipun Indonesia memiliki beragam perbedaan, tapi dengan perbedaan itu dapat menjadi kekuatan yang besar jika bersatu,” ucap Dandim Valian.

“Ini merupakan ekspresi dari perasaan kami seluruh anggota TNI-Polri dan mungkin seluruh masyarakat Indonesia,” lanjut Dandim

Aksi solidaritas yang di awali dengan tarian khas papua ini pun mengajak masyarakat untuk mengenal lebih dekat daerah timur Indonesia itu.

Tari Sajojo dan Tari Yospan yang di peragakan oleh beberapa penari ini pun membuat beberapa masyarakat, TNI-Polri dan jajaran Pemerintah Kota Jakarta Barat yang hadir ikut bergoyang.

Suasana semakin meriah ditambah beberapa anggota polisi Polres Metro Jakarta Barat, dan Kodim 0503/Jakarta Barat serta beberapa jajaran Pemerintah kota Jakarta Barat mengenakan beberapa aksesoris khas Papua.

Tak khayal, kehadiran mereka yang nampak berbeda ini pun, membuat beberapa masayarakat yang hadir, turut memanfaatkan moment itu dengan mengabadikanya melalui telepon genggam para pengunjung.

Mereka merasa terpukau atas aksi ini karena dianggap menjadi salah satu aksi yang nyata dalam merajut kembali persatuan dan kesatuan.

Tak sampai di situ saja, 34 perwakilan dari seluruh provinsi Indonesia yang mengenakan baju adat provinsi masing-masing pun turut serta membacakan ikrar bersama untuk keutuhan NKRI.

Bahkan persembahan khusus dari Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol Hengki Haryadi yakni membacakan sebuah puisi mengenai keindahan Papua dan keanekaragaman hayatinya dimana semua itu adalah satu Indonesia.

Pada kesempatan itu, Walikota Kota Adm Jakarta Barat Rustam Effendi menyampaikan rasa terima kasihnya atas terselenggaranya kegiatan ini.

Bapak Wali menganggap kegiatan ini adalah salah satu bentuk rasa persatuan Indonesia terhadap Papua.

“Kita persembahkan kawan kita di Papua, kita ingin menjalin persahabatan sebaik baiknya,” kata Bapak Rustam Efendi

Acara ini semakin hikmat dengan digelarnya api unggun yang di iringi dengan beberapa lagu Papua, tarian dan puisi damai yang membuat suasana semakin meriah.

Penulis : Fram
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.