Serbuan Teritorial Bersih Pantai Corong Guna Budayakan Dan Melestarikan Alam

Spread the love

Jurnalline.com, KOREM091 (Samarinda) – Masih dalam rangkaian acara memperingati HUT TNI ke-74, Kodam VI/Mulawarman (Mlw) menggelar acara bersih pantai dalam rangka serbuan teritorial di wilayah Kodam VI/Mulawarman di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim. Selasa (24/9/ 2019).

Pada gelar acara tersebut Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto bertindak langsung sebagai Inspektur Upacara menerima laporan Komandan Upacara oleh Dandim 0913/Penajam Paser Utara (PPU) Letkol Inf Mahfud.

Upacara dalam rangka Serbuan Teritorial Bersih Pantai Kodam VI/Mlw disaksikan juga oleh Danrem 091/ASN Brigjen TNI Widi Prasetijono, para pejabat Asisten dan Kabalak Kodam VI/Mlw, unsur Forkopimda setempat, Pengurus Persit KCK, dan Undangan lainnya.

Dalam sambutannya Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto menyampaikan, kegiatan ini intinya bertujuan untuk mempererat dan membina Kebersamaan dan Kemanunggalan TNI-Rakyat.

Disamping itu juga dalam kaitannya mempersiapkan wilayah PPU menjadi Ibu Kota Negara dengan konsep Ibukota yang bersih dan ramah lingkungan, maka diharapakan masyarakat dan generasi muda Kabupaten PPU agar dapat membudayakan hidup bersih, mencintai lingkungan dan menanamkan jiwa hidup sehat. “Tutur Mayjen TNI Subiyanto

Kemudian juga gelar acara ini merupakan wahana untuk mempromosikan Pantai Corong
yang terbentang dari Kelurahan Kampung Baru sampai dengan Kelurahan Tanjung Tengah sebagai obyek wisata pantai yang ada di Kabupaten Penajam Paser Utara. “Tutup Mayjen TNI Subiyanto.

Tak lupa dalam acara tersebut dilaksanakan prosesi penyerahan alat pembersihan pantai,
dan sebelum dimulai kegiatan pembersihan pantai, Pramuka Saka Wira Kartika dibawah binaan Kodim 0913/PPU menyanyikan lagu Aku Bangga Menjadi Anak Ibu kota yang diikuti oleh seluruh pelajar peserta kegiatan bersih pantai Corong.

Selanjutnya usai rangkaian prosesi Upacara, ribuan peserta yang terdiri dari unsur TNI POLRI, Pemda dan Instansi lainnya, Komponen Masyarakat, Ormas/LSM dan pelajar dari berbagai sekolah di PPU langsung bergerak berbondong-bondong menyerbu kawasan pantai Corong.

Seluruhnya dengan penuh semangat berlomba-lomba melakukan pembersihan pantai Corong dan memunguti sampah-sampah yang ditemukan. Pembersihan pantai Corong diakhiri dengan penimbangan sampah terbanyak dan pemberian doorprize bagi pengumpul sampah terbanyak.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Penrem 091/ASN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.