Danpuslatmar Kodiklatal Buka Latihan Penanggulangan Bencana Wilayah Pesisir

Spread the love

Jurnalline.com, Kodiklatal
Surabaya – Komandan Pusat Latihan Marinir (Danpuslatmar) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Kodiklatal) Kolonel Marinir Kresno Pratowo secara resmi membuka latihan penanggulanagn Bencana Wilayah Pesisir yang dilaksanakan di lapangan Apel Puslatmar kesatrian Bumimoro,
(8/10).

Kodiklatal Surabaya
Latihan Penanggulangan Bencana wilayah pesisir yang merupakan latihan operasi matra laut TA 2019 tersebut diikuti 98 prajurit yang berasal satuan kerja dibawah Kodiklatal. Ke 98 peserta ini berasal dari Satker Kodikopsla 12 pers, Denmako 10 pers, Kodikmar 12 pers, Kodikdukum 12 pers, Puslatlekdalsen 12 pers, Puslatdiksarmil 12 pers, Puslatmar 19 pers dan pendukung serta pelatih 9 pers.

Komandan Puslatmar Kodiklatal Kolonel Marinir Kresno Pratowo dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kodiklatal merupakan Kotama pembinaan dalam hal Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL yang mempersiapkan prajurit matra laut sebagai pengawak organisasi TNI AL.

Dalam melaksanakan tugas di bidang latihan, Kodiklatal menyelenggarakan fungsi-fungsi yang meliputi menyelenggarakan pemeliharaan, peningkatan standart kemampuan pengetahuan, kemampuan keterampilan melalui latihan perorangan maupun satuan di jajaran Kodiklatal dan menyelenggarakan serta menguji latian TNI AL sampai dengan tingkat Armada Jaya.

Menurutnya Latihan Operasi Matra Laut (Latopsmatla) Kodiklatal TA.2019 dengan materi penanggulangan bencana alam wilayah pesisir ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan dan memelihara kemampuan dasar prajurit Kodiklatal sebagai prajurit matra laut, adapun materi yang akan dilaksanakan selain teori juga dilaksanakan Latihan praktek.

Dengan terbatasnya waktu latihan, Pamen melati tiga dipundak ini menekankan agara para siswa belajar dengan sungguh sungguh mengingat pelajaran tersebut sangat berguna bagi diri sendiri maupun masyarakat disekitarnya mengingat negara kita rawan terjadi bencana.

Hadir dalam acara pembukaan latihan tersebut Para Dansatlat Puslatmar, para Perwira Staf Puslatmar, serta para perwira dijajaran unsur Puslatmar.

Penulis : Fram
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.