Gubernur AAL Pimpin Upacara Penerimaan Satlat Jalasesya Dan Prayuda Taruna AAL TA. 2019

Spread the love

Jurnalline.com, Surabaya –
Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M. memimpin upacara penerimaan Satuan Latihan (Satlat) Jalasesya dan Prayudha Taruna dan Taruni Tingkat II Angkatan Akademi Angkatan Laut ke-67 TA. 2019 di lapangan apel resimen AAL, Bumimoro Surabaya. Jumat (25/10). Hadir pada acara tersebut, segenap pejabat utama, para pengasuh dan pendukung AAL.

Dalam sambutan, Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M. mengatakan bahwa latihan Jalasesya dan Prayudha merupakan latihan bagi Taruna AAL tingkat II, yang berjenjang dan terprogram didalam kalender pendidikan AAL dan telah ditetapkan pada Prolakdik Tahun 2019.

Menurut Gubernur AAL didepan seluruh peserta Satlat Jalasesya dan Prayudha Taruna dan Taruni Tingkat II Angkatan Akademi Angkatan Laut ke-67 TA. 2019 bahwa sasaran yang akan dicapai pada tahap latihan ini adalah agar Taruna tingkat II, khususnya Korps Pelaut, Teknik, Elektronik dan Korps Suplai dapat mengenal secara langsung kehidupan di laut, peraturan dinas dalam khas TNI Angkatan Laut serta menanamkan dan menumbuhkan jiwa bahari serta kejuangan sebagai prajurit pejuang matra laut. Sedangkan bagi Taruna tingkat II Korps Marinir, sasaran yang ingin dicapai adalah agar para Taruna tingkat II Korps Marinir mampu memiliki pengetahuan dan ketrampilan kepemimpinan lapangan pada tingkat regu senapan dalam Taktik Operasi Darat (Tikopsrat), mampu menguasai navigasi darat, mampu menembak senapan lanjutan dengan baik serta mampu meningkatkan fisik dan mental yang kuat.

Dalam latihan ini, para Taruna tingkat II telah mengaplikasikan materi latihan sesuai dengan sasaran khusus masing-masing Korps, seperti mengenal karateristik kapal, pengoperasian alat-alat komunikasi dan navigasi, mesin pokok, mesin bantu, alat komunikasi, elektronika dan sistem navigasi kapal, administrasi umum personel, pembekalan, keuangan dan fungsi KRI dalam mendukung operasi Amfibi serta operasi darat tingkat regu, menembak lanjutan dan navigasi darat bagi Taruna Korps Marinir.

Selain sebagai sarana latihan praktek, latihan Jalasesya dan Prayudha juga memiliki fungsi mengoptimalkan SDM untuk TNI Angkatan Laut, khususnya Akademi Angkatan Laut, yang senantiasa ikut berperan aktif dalam menyelenggarakan pendidikan bagi calon perwira TNI Angkatan Laut di masa datang, sekaligus media promosi bagi daerah yang menjadi destinasi. Hal ini menunjukan kepada masyarakat bahwa TNI AL terus berkembang dalam memupuk kemampuannya sebagai pengawal wilayah kedaulatan NKRI dan wilayah laut yurisdiksi nasional.

Gubernur AAL juga mengucapkan, selamat kepada para Taruna Tingkat II AAL yang telah berhasil mengikuti dan menyelesaikan latihan Jalasesya dan Parayudha 2019 dengan aman, tertib dan lancar. “Kalian dapat mengambil, manfaat dari kegiatan latihan praktek ini, baik aspek akademik, mental kepribadian dan kesamaptaan jasmani. Perlu dipahami bahwa latihan yang telah didapat ini merupakan bekal awal untuk dikembangkan dalam latihan-latihan selanjutnya dan bekal masa mendatang”.

“Berkaitan dengan sekembalinya kalian di Kesatrian AAL, saya instrusikan agar kalian segera menyesuaikan diri dengan kehidupan dinas dalam di AAL. Mantapkan kembali penguasaan pengetahuan yang dirasakan kurang selama dalam latihan dan persiapkan diri untuk menghadapi kegiatan selanjutnya”, tegas Gubernur AAL.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Kabagpen AAL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.