Kajati Sulut Irup Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019

Spread the love

Jurnalline.com, Sulawesi Utara – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Utara (Sulut) Andi Muh Iqbal Arief, SH.MH, menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2019 yang di gelar Selasa (01/10/2019) pukul 07.30 WITA di halaman depan Kantor Kejati Sulut.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini, diikuti oleh Para Asisten, Kabag TU, Para Koordinator, Kepala Kejaksaan Negeri Manado dan pegawai di lingkungan Kejaksaan Tinggi Sulut dan Kejaksaan Negeri Manado.

Berdasarkan surat Kepala Biro Umum pada Kejaksaan Agung RI yang ditujukan kepada seluruh Kepala Kejaksaan Tinggi di seluruh Indonesia perihal Pedoman penyelenggaraan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019 dengan Tema “PANCASILA SEBAGAI DASAR PENGUATAN KARAKTER BANGSA MENUJU INDONESIA MAJU DAN BAHAGIA” maka Kepala Kejaksaan Tinggi Sulut beserta jajarannya telah melaksanakan Upacara dalam suasana khidmat, tertib dan sederhana.

Dalam upacara ini, Kajati Sulut selaku Irup memimpin Mengheningkan Cipta untuk mengenang arwah para Pahlawan yang telah gugur dan selanjutnya kajati membacakan Naskah Pancasila yang diikuti oleh seluruh peserta upacara.

Selain itu, dibacakan juga Naskah Ikrar yang pada pokoknya bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur indeologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Maka dihadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan Nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.”

Penulis : EffendyIskandar
Editor : Fay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.