KRI Makassar – 590 Kenalkan Alutsista Kepada Siswa SMP Hang Tuah 5

Spread the love

Jurnalline.com, Surabaya –
SMP HANG TUAH 5 Sidoarjo melaksanakan kunjungan ke Koamando Armada II (29/10) dengan sasaran Patung Monjaya dan KRI Makassar 590 dari jajaran Satuan Kapal Bantu Koarmada II . Menurut Komandan KRI Makassar Letkol Laut (P) Hariono, kondisi KRI Makassar selalu siap menjalankan tugas dalam menegakkan wilayah kedaulatan laut NKRI.

Dalam kunjungannya tersebut siswa SMP Hang Tuah 5 Candi Sidoarjo melibatkan 224 siswa dan 12 guru pendamping di pimpin oleh Waka Kurikulum Lilik Handayani, S.Pd. Menurutnya, sasaran yang ingin dicapai dalam kunjungan tersebut disamping untuk menunjang pembelajaran kebaharian juga memperkenalkan kepada siswa SMP Hang Tuah 5 akan adanya kekuatan dari TNI Angkatan Laut KRI Makassar 590 yang memiliki tugas dan tanggung jawab mengamankan Laut Juridiksi Nasional Indonesia.

KRI Makassar saat ini di komandani oleh Lelkol Laut (P) Hariono pamen lulusan AAL ’46 tahun 2000, menurutnya KRI Makassar- 590 dengan alut sista yang sudah modern, menjadi sasaran kunjungan siswa tersebut merupakan media pembelajaran di luar kelas guna memupuk akan cinta bahari dan lebih mengenal keberadaan Armada II dengan jumlah KRI yang sangat banyak dari berbagai typenya. Apalagi Indonesia adalah negara maritim yang memiliki luas lautannya lebih dari dua pertiga daratan. Untuk itulah sudah menjadi kewajiban di lingkungan sekolah-sekolah di bawah Yayasan Hang Tuah seluruh Indonesia untuk selalu menanamkan jiwa kebarharian, dimana salah satunya adalah dengan cara melaksanakan karya wisata ke Armada II.

Seluruh siswa SMP Hang Tuah 5 yang tergabung dalam kunjungan ke Armada II adalah siswa yang saat ini sedang duduk di bangku kelas VII, sehingga mereka dapat dengan mudah memahami apa-apa yang di sampaikan oleh Kadivmuat KRI Makassar – 590 Letda Laut (P) Grace, juga penjelasan dari para bintara KRI yang menjadi guidenya.

Mereka sebelum ke KRI Makassar para siswa terlebih dulu melihat dari dekat keberadaan Monumen Patung Jalesveva Jaya Mahe yang sudah tersohor di penjuru dunia , patung ini hampir menyamai ketinggiannya dengan patung Liberty yang berada di kota New York USA. Di Monumen patung Monjaya para siswa di pertontonkan kemampuan alut sista TNI AL dalam sebuah video yang dikemas dengan menarik sebuah rangkaian visualisasi peperangan laut terbesar dari TNI AL dengan Latihan Armada Jaya, dimana melibatkan seluruh kemampuan dan kekuatan Alut Sista yang di miliki oleh TNI AL saat ini.

Pada sesi terakhir sebelum pulang, para siswa dan guru menyempatkan diri berfoto bersama dengan begron patung Monjaya dan KRI yang sedang bersandar di dermada Armada II Ujung Surabaya.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : YHT/dar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.